Berita Terbaru
Loading...
Jumat, 04 November 2011

Seragam / Dobok Taekwondo

Seragam / Dobok Taekwondo

Seragam taekwondo atau di Taekwondo dikenal dengan istilah Dobok Taekwondo, adalah suatu fasilitas yang diperlukan sebagai kelengkapan penting saat berlatih Taekwondo. selain itu Seragam atau dobok taekwondo ini juga dipakai sebagai seragam resmi saat bertanding, baik itu pertandingan untuk kategori kyorugi maupun juga untuk kategori Poomsae.

jenis tipe seragam taekwondo atau dobok ini diambil dari pakaian tradisional yang berasal dari Korea yang disebut Han Dobok. Han Dobok sendiri terdiri atas 3 unsur bentuk yaitu lingkaran (Won), persegi empat (Bang) dan segitiga (Kak), masing-masing menyimbolkan Langit/Surga, Bumi, dan Manusia yang merupakan 3 unsur alam semesta (Samilshingo).

pada jaman dahulu dobok taekwondo hanya berwarna putih saja, namun dalam perkembanganya pada tahun 1970-an, dibedakan dobok bagi penyandang sabuk hitam (Dan) dengan memakai kerah leher Hitam.

oleh karena itu kita sebagai seorang taekwondoin dalam berlatih taekwondo juga harus selalu menjaga/memakai, dan merawat dobok taekwondo dengan rapi dan bersih, karena hal tersebut mencerminkan bagaimana menjaga kehidupan kita sendiri di Dunia.

0 komentar:

Posting Komentar