Berita Terbaru
Loading...
Minggu, 26 Februari 2012

Tips Sukses Menghadapi Kegagalan Untuk Atlet Taekwondo

Tips Sukses Menghadapi Kegagalan Untuk Atlet Taekwondo

Salam taekwondo, jika anda seorang atlet taekwondo, pasti anda pernah mengalami suatu kegagalan di pertandingan, misal anda gagal menjadi juara taekwondo. berikut ini ada beberapa tips bagi anda yang pernah mengalami kegagalan agar anda bisa bangkit dan keluar dari kegagalan dan semangat lagi untuk meraih suatu keberhasilan.

1. Bersikap dan berpikir Positif terhadap Kegagalan

perlu anda Ingat! bahwa kegagalan yang pernah anda alami bukanlah suatu yang harus ditakuti. Tanpa ada sikap positif, maka Anda akan semakin menjadi stress setelah anda mengalami kegagalan. Anda seakan kehilangan energi untuk bangkit kembali karena selalu dibayang-bayangi takut gagal. oelh karena itu maka bersikaplah positif, dengan bersikap positif maka secara tidak langsung Anda akan mampu memandang suatu kegagalan sebagai peristiwa hidup yang harus dialami. sehingga, mental akan menjadi semakin kuat. Perlu anda renungkan bahwa pasti ada hikmah dari sebuah kegagalan.

2. Mencari penyebab Kegagalan

Anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebab Anda gagal? baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri sendiri. Faktor internal misalnya Anda kurang memiliki semangat dan motivasi dalam berlatih taekwondo. oleh karena itu, maka harus Anda sendiri yang merubahnya. Ingat! sukses atau tidaknya Anda dimulai dari dalam diri anda sendiri, jika Anda bisa memotivasi diri sendiri, selanjutnya Anda akan lebih ringan melangkah.Faktor eksternal Misalnya kurangnya dukungan dari dari supporter, pesaing yang terlalu banyak dan ketat, atau kurangnya fasilitas, dll.

3. Atasi Kegagalan

jika anda sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab kegagalan, Anda harus segera mencoba mencari jalan keluar mengatasinya. Karena itu, buat catatan tentang hal-hal yang sering membuat Anda gagal, apakah faktor internal atau eksternal (buat skala prioritas). Jangan mencari kambing hitam dalam mencari penyebab kegagalan Anda.

4. Gali kekuatan Diri

Anda sebagai serorang atlet taekwondo harus mengetahui apa potensi yang ada dalam diri anda. oleh karena itu Coba gunakan kekuatan dan potensi Anda secara maksimal. Galilah lebih dalam potensi yang tersembunyi dalam diri Anda yang masih bisa dikembangkan. Jika Anda bisa mengembangkan potensi Anda dengan baik, maka kesuksesan takkan jauh dari Anda.

5. Tangkap Peluang

Anda sebagai seorang atlet taekwondo tidak perlu merenungi terlalu lama akan kegagalan, dan menganggap hal itu sebagai nasib. Anda harus jeli menangkap peluang atau kesempatan. misalnya, jika anda kalah dalam kejuaraan, maka masih ada kesempatan lagi untuk mengikuti kejuaraan taekwondo di lain waktu, dan itu bisa anda jadikan pacuan untuk lebih semangat lagi dalam berlatih dan merupakan suatu kesempatan untuk membuktikan bahwa anda bisa meraih juara dalam kejuaraan itu. Begitu Anda tahu ada peluang, tangkaplah peluang tersebut, jangan tunggu sampai besok.

semoga tips ini bermamfaat. :)

0 komentar:

Posting Komentar