Berita Terbaru
Loading...
Sabtu, 23 Juni 2012

Periodisasi Pelatihan untuk Atlit Taekwondo

Periodisasi Pelatihan untuk Atlit Taekwondo

Periodisasi Pelatihan untuk Atlit Taekwondo

Periodisasi adalah alat penting bagi banyak olahraga dan instruktur dan pelatih seni bela diri. Dalam istilah sederhana 'periodisasi pelatihan' berarti bahwa program pelatihan dipecah menjadi bagian lebih kecil dengan tujuan membuat pelatihan lebih ef...isien dan memungkinkan untuk penggunaan waktu yang lebih baik.

 Saya menggunakan periodisasi ketika saya mengatur sesi pelatihan saya. Strategi saya untuk periodizing pelatihan taekwondo adalah untuk membagi pelatihan menjadi tiga tahap atau bagian masing-masing dengan tujuan tersendiri.

Bagian pertama disebut bagian dasar. Fokus dalam periode ini adalah pada pelatihan intensitas rendah taekwondo. Pelatihan intensitas rendah membantu pembelajaran bahan dan teknik baru dan merupakan cara terbaik untuk memperbaiki kesalahan lama yang mungkin menghambat Anda dari kemajuan.

Bagian penting lain dari bagian dasar adalah latihan kekuatan dasar dan pelatihan aerobik. Elemen ini sangat penting dan membangun tingkat kekuatan dan kebugaran para atlit sejak dini yang akan memungkinkan mereka untuk memiliki sesi pelatihan yang lebih efisien ketika pelatihan itu sendiri menjadi lebih kompleks dan sulit.

Bagian kedua disebut 'Persiapan untuk musim kompetisi' dan Anda mungkin menduga ini tujuan utamanya. Ini dimulai dengan pelatihan intensitas tinggi membantu atlit menjadi lebih terfokus dan terkoordinasi. Pelatihan intensitas tinggi juga dilengkapi dengan latihan kecepatan. Pada periode ini kita juga fokus pada membangun tingkat kekuatan maksimum dan meningkatkan kekuatan ledakan atlet.

Ini juga merupakan tahap di mana kita fokus pada keterampilan tingkat tinggi taktis dan teknis. Momen ini adalah momen yang tepat untuk dilakukan karena atlet dalam kondisi fisik dan mental yang tajam. Hal ini penting untuk mendukung aspek pelatihan seperti sekarang yang memungkinkan performa yang luar biasa dan itu membuat perbedaan yang menentukan dalam kompetisi.

Saat ini kompetisi dimulai, kemungkinan terdapat event-event yang berbeda, ada satu event utama atau kombinasi di antaranya. Dalam hal apapun adalah penting untuk merencanakan sesuai dengan kalender kompetisi.

Bagian ke-Tiga - musim kompetisi. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang kepelatihan seni bela diri Anda mungkin tahu bahwa pelatihan harus sedikit berhenti sepenuhnya. Jadi, bukannya istirahat dan menunggu kompetisi, atau pelatihan seperti sebelumnya, saya selalu memilih untuk beralih ke sesi pelatihan singkat.

Sesi pelatihan singkat belum tentu pelatihan ringan. Dianjurkan untuk memiliki sesi pelatihan intensitas tinggi selama tahap ini untuk mempertahankan hasil dari semua kerja keras di bagian awal. Aspek penting lainnya dari tahap ini adalah fokus pada kecepatan, hal ini membantu atlet memoles gaya mereka dan menyimpan semua yang telah mereka pelajari tetap segar dalam pikiran mereka sambil meningkatkan semua keterampilan yang penting.

Sedangkan untuk latihan fisik, dalam bagian akhir sangat penting untuk mempertahankan tingkat aerobik dan kekuatan yang telah didapatkan dalam bagian sebelumnya. Juga perlu diingat bahwa ini bukan saat yang tepat untuk fokus pada peningkatan kekuatan atau sangat meningkatkan tingkat kebugaran. Jika Anda berlatih terlampau berlebihan, maka akan menjadi bumerang bagi si atlit.

sumber oleh: Coach Markku Parviainen

0 komentar:

Posting Komentar