Berita Terbaru
Loading...
Senin, 26 Maret 2012

Fungsi Meditasi Dalam Beladiri Taekwondo

Fungsi Meditasi Dalam Beladiri Taekwondo

Meditasi adalah suatu media untuk menyelaraskan pikiran, jiwa dan raga. Jadikan meditasi sebagai penyatu jiwa dan pikiran, agar ketenangan hati mampu didapat saat kita melakukan berbagai aktivitas.

Di beladiri taekwondo sendiri dikenal ada 2 macam jenis meditasi
1. Meditasi Aktif ( meditasi yang dilakukan pada saat posisi aktif / tubuh bergerak misal: pada saat melakukan poomsae, pada waktu melakukan sparring, pada saat latihan)
2. Meditasi Pasif ( meditasi yang dilakukan pada saat posisi pasif/ posisi diam, tidak bergerak.

istilah meditasi sendiri di taekwondo dikenal dengan istilah Mokyum

meditasi di taekwondo digunakan untuk menyatukan pikiran, tubuh dan perasaannya dalam satu kesatuan utuh dengan tujuan mencapai kontrol kesadaran dan kewaspadaan tertinggi.

Langkah 2 dengan mencoba untuk menyelaraskan pikiran, tubuh dan perasaan seorang Taekwondo dengan melakukan latihan pernafasan dalam posisi meditasi pasif(berdiri atau duduk/an jo)

Langkah 3 yaitu selalu mencoba untuk menyelaraskan pikiran, tubuh dan perasaan dalam tiap teknik-teknik yang dilakukan seorang taekwondoin pada saat berlatih, baik itu pada saat melakukan senam, sesi latihan fisik, maupun latihan teknik. sebenarnya dalam sesi latihan Taekwondo dari awal hingga akhir latihan, Taekwondoin itu melakukan latihan sambil bermeditasi.

bisa dikatakan bahwa taekwondo adalah suatu kegiatan melakukan meditasi, misalnya kita melakukan gerakan poomsae/ jurus taekwondo, berarti kita melakukan meditasi aktif, karena gerakan poomsae menuntut kita untuk fokus pada pikirannya pada teknik dan gerakan, mengatur nafas dengan tepat, mengatur posisi setiap anggota tubuhnya dengan tepat, dan mengekspresikan perasaanya dalam gerak.

0 komentar:

Posting Komentar