Berita Terbaru
Loading...
Jumat, 09 November 2012

Materi-materi Dalam Berlatih Taekwondo

Materi-materi Dalam Berlatih Taekwondo

Materi-materi Dalam Berlatih Taekwondo

Secara umum materi dalam berlatih taekwondo dikenal dengan 3 macam.

1. Yang pertama adalah poomsae
Poomsae adalah gerakan jurus taekwondo, tiap taekwondoin pasti memiliki jurus wajib yang harus dikuasai. contohnya misal nya sabuk kuning strip hijau maka ia harus wajib menguasai gerakan jurus tae geuk il jang /tae geuk 1, taekwondoin sabuk hijau maa ia harus sudah menguasai gerakan jurus tae geuk I-jang / jurus wajib tae geuk 2.

2. Kyorugi
Kyorugi adalah tehnik perkelahian, taekwondoin selain diajarkan mengenai poomsae/ jurus juga diajarkan mengenai kyorugi/ tehnik perkelahian, dimana taekwondoin menunjukkan kemampuan melawan taekwondoin lain. selain poomsae kyorugi sudah dipertandingkan di tingkat olimpiade dunia. Taekwondo terkenal dengan tehnik tendangan yang variatif, semakin sulit tehnik menendang maka nilai atau point yang didapat akan semakin tinggi dalam pertandingan kyorugi taekwondo.

3. Kyukpa
Adalah tehnik memecahkan benda keras baik itu papan/kayu, batu, besi. di taekwondo juga dikenal adanya materi kyukpa yaitu tehnik pemecahan benda keras baik itu papan, kayu, batu, besi. materi ini biasanya sudah diperkenalkan kepada taekwondoin yang sudah mencapai sabuk biru. Di luar negeri sudah dipertandingkan pertandingan Kyukpa, namun di Indonesia masih jarang ditemui pertandingan Kyukpa.

0 komentar:

Posting Komentar