Kamis, 29 Maret 2012

Macam-Macam Design Kaos Taekwondo Keren

Jika anda sedang mencari kaos taekwondo, ataupun mencari design kaos taekwondo, berikut ini akan saya berikan mengenai bebeberapa referensi design kaos taekwondo.


Design kaos taekwondo 01


Design kaos taekwondo 02


Design kaos taekwondo 03


Design kaos taekwondo 04

jika anda berminat untuk membeli kaos tersebut diatas anda bisa memesan langsung secara online dengan meng klik link disini

Sabuk Hitam adalah Awal bukan Akhir


Makna filosofi sabuk hitam taekwondo mempunyai arti permulaan itu mungkin dikarenakan hitam yang merupakan lambang Kedewasaan dan kematangan(disini tidak ada hubungannya dengan umur seseorang). Disini para taekwondoin pemegang Sabuk hitam diharapkan memiliki sudut pandang, sifat dan perilaku yang lebih dewasa dari sebelumnya saat mulai latihan.

Konon jaman dahulu hanya ada 1 warna sabuk saja, yaitu sabuk putih. Saat seseorang mulai belajar beladiri, Ia akan memperoleh sabuk putih yang akan diikatkan pada doboknya setiap kali berlatih. Sabuk putih ini tidak boleh dicuci. dan dengan semakin seringnya berlatih, lama kelamaan sabuk putih itu warnanya akan menjadi semakin gelap. dari putih ke abu-abu, coklat lalu menjadi berwarna hitam karena bercampur keringat, debu, darah dan air mata saat berlatih.

Sabuk hitam adalah sabuk putih yang tidak pernah berhenti berlatih. Jangan mentang mentang sudah sabuk hitam terus tidak mau berlatih. dan jagan berlatih dikala mau ujian itu sering terjadi.

Sabuk hitam taekwondo menjadi lambang dan pertanda kematangan beladiri yang diperoleh melalui perjuangan proses waktu yang panjang, dedikasi, komitmen, pengorbanan dan kerasnya latihan yang telah dijalani seseorang dalam belajar Beladiri.

"Sabuk Hitam itu isinya, bukan kemasannya"

Karena sesungguhnya Sabuk Hitam itu didapatkan, bukan dibeli. Sabuk Hitam itu butuh proses tidak Instan, Sabuk Hitam itu tidak bersifat permanen sehingga harus dijaga dan dipelihara dengan berlatih dan terus berlatih agar kesabuk hitaman praktisinya tidak luntur dan turun tingkatan isinya.

bisa disimpulkan bahwa
"Sabuk Hitam adalah Sabuk Putih yang tidak berhenti Berlatih"

source: https://www.facebook.com/groups/2011.taekwondoindonesia/doc/308495322520350/

Team Taekwondo Junior mengincar Satu Medali Emas di Kejuaraan Mesir


Sejumlah 7 atlet taekwondo Indonesia junior di kelas kyorugi akan mengincar paling tidak satu medali emas dalam kejuaraan taekwondo junior dunia ke-9 di Mesir,kejuaraan tingkat internasional tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 4-8 April 2012.

target 1 medali emas ini terbilang realistis karena persaingan pada kejuaraan dunia taekwondo yunior tidak seketat persaingan pada kejuaraan dunia taekwondo tingkat senior. Kekuatan dari masing masing negara cukup merata dan masih memungkinkan bagi Indonesia untuk mencuri satu medali emas.

Dalam kejuaraan taekwondo di mesir nantinya Atlet taekwondo junior yang diunggulkan untuk meraih medali emas adalah taekwondoin asal jawa tengah bernama Reinaldy Atmanegara yang berusia 17 tahun.

Reinaldy pernah ikut kejuaraan dunia taekwondo junior di Meksiko pada tahun 2010, akan tetapi dia hanya berhasil masuk dalam 8 besar. team yang harus diwaspadai dalam kejuaraan dunia di Mesir nanti adalah Korea Selatan, Thailand dan Iran.

Reinaldy atmanegara adalah atlet taekwondo terbaik di tingkat nasional. Ia telah beberapa kali meraih medali emas dalam berbagai kejuaraan tingkat nasional serta kejuaraan tingkat Asia. Reinaldy bahkan beberapa kali sudah ikut kejuaraan senior walaupun ia masih berada pada tingkat yunior.

Selain Aprillia Uno Sanjaya dan Reinaldy Atmanegara, 5 atlet lain yang akan berjuang membawa nama Indonesia adalah Aghniny Haque, Siti Fauzia, Muhammad Arifin, Alfin Dwi, dan Jauza Rona Hassan.

Invitasi Kejuaraan Taekwondo 64 Cup IV Antar SMP dan SMA Se- DKI Jakarta


Dalam waktu dekat ini SMA 64 Jakarta akan menggelar Kejuaraan Invitasi taekwondo antar pelajar SMP dan SMA se DKI Jakarta. dalam kejuaraan Invitasi Taekwondo tersebut akan mengusung tema "Budaya Anak Taekwondo Indonesia Kreatif".

Kejuaraan taekwondo invitasion Batik Cup II tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 2 Juni 2012 bertempat di Gor Cibubur. Persiapkan team anda untuk mengikuti event kejuaraan taekwondo tersebut. untuk info lebih lanjut silahkan klik link disini.

Rabu, 28 Maret 2012

PengProv TI Jatim akan mengadakan ujian Dan Sabuk Hitam Taekwondo tgl 15 April 2012.


PengProv TI Jatim akan mengadakan ujian Dan tgl 15 April 2012.

Adapun biayanya sbb :
1. Poom/Dan 1 : 200.000
2. Poom/Dan 2 : 250.000
3. Poom/Dan 3 : 350.000
4. Dan 4 : 1.200.000
5. Dan 5 : 2.100.000
6. Dan 6 : 2.450.000
Biaya variable cost 75.000

Fasilitas :
- Konsumsi tgl 14 (Siang, Malam) dan tgl 14( Pagi, Siang)
- Akomodasi menginap 1 malam.

informasi lebih lengkap silahkan klik disini

Kumpulan Foto Dojang Taekwondo Keren

Tempat latihan taekwondo dikenal dengan istilah Dojang. Dojang Taekwondo adalah tempat yang digunakan oleh para taekwondoin dalam berlatih. biasanya dojang taekwondo berada dalam suatu ruangan / indoor.

di indonesia sendiri sudah banyak tempat latihan taekwondo/ dojang taekwondo. akan tetapi untuk dojang taekwondo esklusif masih jarang ditemui. dojang taekwondo esklusif sendiri adalah dojang dimana di dalamnya terdapat sarana dan prasarana taekwondo yang sangat memadai.

berikut ini akan saya berikan beberapa koleksi dojang taekwondo/ tempat latihan taekwondo yang esklusif.

Dojang Taekwondo 01


Taekwondo dojang 02


Tempat Latihan Taekwondo


Dojo Taekwondo


Foto Dojang Taekwondo Keren

Selasa, 27 Maret 2012

Video Berlatih Taekwondo Dirumah


Video Berlatih Taekwondo Dirumah - Untuk berlatih taekwondo tidak selalu harus di tempat latihan / Dojo Taekwondo, akan tetapi kita bisa juga berlatih sendiri di rumah jika kita menginginkan jam latihan tambahan.

Nah yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan Latihan Taekwondo sendiri di rumah. jika anda bingung bagaimana cara berlatih taekwondo di rumah, materi apa saja yang harus dipakai sewaktu berlatih taekwondo sendiri dirumah, berikut ini saya akan memberikan kepada anda "Video Berlatih Taekwondo Dirumah".

di dalam video ini diperlihatkan secara lengkap metode berlatih taekwondo di rumah yang bisa anda terapkan dalam keseharian tanpa mengganggu rutinitas anda.

dalam "Video Berlatih Taekwondo Dirumah" ini sebelum di awali dengan melakukan pemanasan / warming-up sebelum anda melakukan latihan inti. yaitu gerakan loncat-loncat di tempat, streching / peregangan otot kaki, kemudian gerakan sit-up, push-up, back-up.

kemudian berlanjut ke latihan inti yaitu melakukan tendangan, anda bisa mengulang materi yang telah diberikan di tempat latihan/ dojo, dengan melakukan tendangan baik itu ap-chagi, deol-o chagi, dolyo chagi sesuai dengan selera anda.
dalam latihan inti anda juga bisa berlatih poomsae/ jurus taekwondo.

untuk lebih jelasnya silahkan anda menyimak Video "Video Berlatih Taekwondo Dirumah" berikut ini.

Owh Tidak, Taekwondo Salah Tendang..!!


Bagaimana jika anda menerima tendangan seperti ini?? hehehe. tidak bisa dibayangkan apabila seorang taekwondoin terkena tendangan ini apalagi dia tidak memasang pelindung kemaluan.

itulah mengapa perlunya seorang taekwondoin untuk mengenakan perlengkapan yang lengkap sewaktu ia bertanding, baik itu body protector, hand protector, pelindung kaki, hingga memasang pelindung kemaluan.

Senin, 26 Maret 2012

Fungsi Meditasi Dalam Beladiri Taekwondo


Meditasi adalah suatu media untuk menyelaraskan pikiran, jiwa dan raga. Jadikan meditasi sebagai penyatu jiwa dan pikiran, agar ketenangan hati mampu didapat saat kita melakukan berbagai aktivitas.

Di beladiri taekwondo sendiri dikenal ada 2 macam jenis meditasi
1. Meditasi Aktif ( meditasi yang dilakukan pada saat posisi aktif / tubuh bergerak misal: pada saat melakukan poomsae, pada waktu melakukan sparring, pada saat latihan)
2. Meditasi Pasif ( meditasi yang dilakukan pada saat posisi pasif/ posisi diam, tidak bergerak.

istilah meditasi sendiri di taekwondo dikenal dengan istilah Mokyum

meditasi di taekwondo digunakan untuk menyatukan pikiran, tubuh dan perasaannya dalam satu kesatuan utuh dengan tujuan mencapai kontrol kesadaran dan kewaspadaan tertinggi.

Langkah 2 dengan mencoba untuk menyelaraskan pikiran, tubuh dan perasaan seorang Taekwondo dengan melakukan latihan pernafasan dalam posisi meditasi pasif(berdiri atau duduk/an jo)

Langkah 3 yaitu selalu mencoba untuk menyelaraskan pikiran, tubuh dan perasaan dalam tiap teknik-teknik yang dilakukan seorang taekwondoin pada saat berlatih, baik itu pada saat melakukan senam, sesi latihan fisik, maupun latihan teknik. sebenarnya dalam sesi latihan Taekwondo dari awal hingga akhir latihan, Taekwondoin itu melakukan latihan sambil bermeditasi.

bisa dikatakan bahwa taekwondo adalah suatu kegiatan melakukan meditasi, misalnya kita melakukan gerakan poomsae/ jurus taekwondo, berarti kita melakukan meditasi aktif, karena gerakan poomsae menuntut kita untuk fokus pada pikirannya pada teknik dan gerakan, mengatur nafas dengan tepat, mengatur posisi setiap anggota tubuhnya dengan tepat, dan mengekspresikan perasaanya dalam gerak.

YUTI Siap Bekerja Sama Dengan PBTI Untuk Mengembangkan Taekwondo


YUTI menegaskan Tidak ada persaingan dengan PBTI (Pengurus Besar Taekwondo Indonesia). YUTI hadir di Indonesia untuk membantu PBTI dalam mengembangkan olah raga beladiri yang berasal dari Korea ini.

Kami siap bersinergi dengan PBTI (Pengurus Besar Taekwondo Indonesia). Dan kita memang sudah sejak berdiri tahun lalu, telah sepakat untuk kerja sama dengan PBTI (Pengurus Besar Taekwondo Indonesia)," kata pendiri YUTI, grandmaster Lioe Nam Khiong.

YUTI (Yayasa Universal Taekwondo Indonesia)hingga kini telah terbentuk di 33 provinsi di Indonesia, keberadaannya YUTI adalah untuk memberikan motivasi dan masukan bagi pengembangan olahraga taekwondo di Indonesia.

Agar perkembangan Olah raga beladiri taekwondo di indonesia dapat berkembang dan lebih merata, maka diperlukan suatu kerja sama yang penuh sinergi antara PBTI (Pengurus Besar taekwondo Indonesia) dan YUTI (Yayasan Universal Taekwondo Indonesia), mengingat keberadaan YUTI (Yayasan Universal Taekwondo Indonesia) sendiri sudah diakui dan bernaung di bawah PBTI (Pengurus Besar Taekwondo Indonesia).

YUTI sendiri diketuai Joko Pramono, YUTI berdiri pada tanggal 23 Mei 2011. Pendirian organisasi YUTI ini dikukuhkan oleh Ketua Umum PBTI, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Kamis, 22 Maret 2012

Macam- Macam Step di Taekwondo


Di Indonesia secara umum dikenal macam-macam step di taekwondo dari step 1 sampai step 29. 10 step maju(step 1 sampai step 10), 11 step samping(step 11-21) dan step mundur(22-29) ditambah 2 special step.

untuk lebih jelasnya akan di terangkan sebagai berikut:

Special step:

1. Change step = yaitu lompat2 dengan menggunakan ujung kaki tukar posisi kaki secara cepat

2. Sliding step = yaitu lompat2 dengan dua kaki seret kearah depan atau kebelakang dilakukan secara bersamaan.



Step maju

1. yaitu lompat2 dengan kaki belakang maju satu langkah kedepan

2. Lompat2 menggunakan kaki depan ditarik setengah langkah kebelakang kemudian disusul kaki belakang maju satu langkah kedepan.

3. yaitu Lompat2 kaki depan ditarik setengah lalu maju dua langkah kedepan

4. Lompat2 kaki belakang diputar 180 derajat kedepan lewat belakang dengan spining

5. Lompat2 kaki depan diangkat sedikit dan sentak kearah depan dengan cepat sehingga kaki belakang otomatis terseret kedepan

6. Lompat2 kaki depan digeser kesamping luar lalu maju dua langkah kedepan

7. Lompat2 kaki belakang diangkat kedepan setinggi perut seolah-olah mau menendang lalu diturunkan ke depan

8. Lompat2 lalu lompat ditempat dengan menyilangkan kedua kaki, kaki belakang disilangkan di depan kaki depan saat diudara lalu kedua kaki kembali ketempat semula

9. Lompat2 kaki depan diangkat slayding kedepan dan lakukan checking dengan ujung kaki depan kearah pinggang lawan

10. Lompat2 kaki belakang diputar 360 derajat kedepan lewat belakang dengan spining, saat kaki belakang masih menggantung didepan langsung lompat change step sambil spining



Step samping

11. Lompat2 kaki depan digeser kesamping luar disusul kaki belakang maju kedepan dengan sudut 45 derajat

12. Lompat2 kaki depan digeser kesamping luar lalu kaki belakang digeser kesamping dalam disusul kaki kiri maju kedepan dengan posisi 45 derajat

13. Lompat2 kaki depan ditarik setengah kebelakang lalu maju dua langkah(seperti step 3) lalu kaki belakang digeser kesamping dalam disusul kaki depan maju serong 45 derajat kedepan

14. Lompat2 kaki belakang maju kedepan selangkah dan geser kesamping keempat penjuru sambil melompat kembali keposisi sikap bertinju kanan

15. Lompat2 kaki belakang maju kearah depan satu kali dan digeser kesamping keempat penjuru sambil lompat kembali keposisi sikap bertinju kiri

16. Lompat2 kaki depan mundur kebelakang satu kali dan digeser kesamping keempat penjuru sambil melompat kembali keposisi sikap bertinju kanan

17. Lompat2 kaki depan mundur kebelakang satu kali dan digeser kesamping keempat penjuru sambil melompat kembali keposisi sikap bertinju kiri

18. Lompat2 kaki belakang maju kearah depan satu kali dan kaki belakang digeser kesamping dua kali sambil melompat berputar kearah empat penjuru dan posisi kembali keposisi sikap bertinju, kaki kanan maju 2 hitungan

19. Lompat2 kaki belakang maju kearah depan satu kali dan kaki belakang digeser kesamping dua kali sambil melompat berputar kearah empat penjuru dan posisi kembali keposisi sikap bertinju, kaki kiri maju 2 hitungan

20. Lompat2 kaki depan ditarik kebelakang dan kaki belakang digeser kesamping dua kali sambil melompat berputar kearah empat penjuru dan kembali keposisi sikap bertinju, kaki kiri mundur sebanyak 2 hitungan

21. Lompat2 kaki depan ditarik kebelakang dan kaki belakang digeser kesamping dua kali sambil melompat berputar kearah empat penjuru dan kembali keposisi sikap bertinju, kaki kanan mundur sebanyak 2 hitungan



Step mundur

22. Lompat2 dua kaki diseret kebelakang slayding mundur satu kali

23. Lompat2 dua kaki mundur slayding kebelakang dua kali

24. Lompat2 dua kaki mundur slayding kebelakang tiga kali

25. Lompat2 kaki belakang disentak kebelakang sehingga kaki depan ikut terseret kebelakang(kebalikan step 5)

26. Lompat2 kaki depan ditarik kebelakang kanan dan kiri masing2 dua hitungan

27. Lompat2 kaki depan diputar kebelakang 180 derajat(kebalikan step 4)

28. Lompat2 kaki belakang silang kedepan lalu mundur kebelakang(kebalikan step 8)

29. Lompat2 kaki belakang dikait kebawah setinggi tulang kering kearah depan sambil posisi 450 derajat, kembalikan kebelakang dengan sikap bertinju

semoga beberapa keterangan mengenai macam macam step taekwondo diatas bisa berguna bagi anda.

source : https://www.facebook.com/groups/2011.taekwondoindonesia/doc/196126710423879/

Tim Inti Taekwondo AMIKOM Lakukan Uji Coba/ Try Out dengan Atlet-Atlet Taekwondo Banyumas


Sebagai UKM yang bergerak di bidang olahraga khususnya bela diri, Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo Amikom memiliki visi untuk mengembangkan bakat kemampuan para atlet taekwondo amikom. Oleh karena itu Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo Amikom Jogjakarta akan melakukan kegiatan yang dapat mengembangkan UKM Taekwondo Amikom ke arah prestasi agar dapat mengharumkan nama Amikom di bidang olahraga.

Pada hari Minggu tanggal 18 Maret 2012, Taekwondo Amikom berhasil melaksanakan kegiatan try out/latih tanding Tim Inti Amikom Jogjakarta dengan para atlet yang berada di bawah naungan Pengkab Taekwondo Banyumas. tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengukur tingkat kemampuan,serta mempererat hubungan baik antara taekwondo amikom jogjakarta,taekwondo amikom purwokerto dan Pengkab Taekwondo Indonesia Banyumas.


acara Try out taekwondo sendiri berjalan dengan baik hanya saja terdapat 2 dari atlet taekwondo kita yang mengalami cedera namun tidak terlalu fatal. Pada Try out ini Taekwondo Amikom lebih mendominasi setiap laga yang dipertandingkan, namun atlet banyumas juga tidak bisa di remehkan keahliannya. walaupun kebanyakan atlet taekwondo Banyumas masih junior tetapi rata-rata sudah pernah mengikuti kejuaraan-kejuaraan nasional dan meraih juara.

Bintang Film The Raid Iko Uwais: Aktor Laga Harus Punya Basic Ilmu Bela Diri


Sejak membintangi Film Merantau, bintang film Laga Iko Uwais semakin dikenal. Bahkan film terbarunya, The Raid mendapat sambutan positif dari para pemirsa di luar negeri.

Sebagai pemeran aktor laga, Iko Uwais menyarankan siapapun yang berkeinginan untuk bintang action harus memiliki latar belakang ilmu bela diri.

"Pasti dong, menurut saya akting itu bisa berjalan tapi kalau bela diri memang harus punya basic. Kalau kita ada adegan fight, sebagai atlet bisa dilihat mana tongkrongan pebela diri atau bukan. Itu tongkrongannya beda. Kalaupun dia itu karate, taekwondo, pencak silat, style nya pasti keliatan ini pasti orang bela diri," ungkap penggemar berat aktor laga Jackie Chan ini.

Iko Uwais pada mulanya mengawali karir sebagai atlet pencak silat. Dia sendiri adalah Kekasih dari Jane Shalimar.


Iko senidri masih berkeinginan untuk fokus di film action, karena kebetulan untuk sekuelnya (The Raid) masih tetap action.

Senin, 19 Maret 2012

Cara Mudah dan Cepat Cek DAN dan POOM Kukkiwon

Di Indonesia seorang taekwondoin yang mengikuti ujian DAN /POOM akan memperoleh sertifikat DAN Kukkiwon internasional. berbeda jika masih memegang sabuk kuning sampai merah maka sertifikat nya masih sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh PBTI. Jika sudah hitam / DAN maka sertifikatnya akan dikeluarkan oleh Kukkiwon / markas besar taekwondo dunia langsung dari Korea.

Anda bisa mengecek langsung secara online sertifikat DAN/ POOM di internet. caranya sangat mudah. berikut adalah Cara Mudah dan Cepat Cek DAN dan POOM Kukkiwon.

1. pertama klik tombol di Samping gambar


Klik Disini



2. Kemudian cara yang kedua adalah tinggal menisi form yang telah disediakan
- Nationality diisi dengan nama negara ( pilih dan cari negara indonesia kemudian tekan set )
- Name diisi dengan nama lengkap, tulis dengan huruf capital misalnya: BUDIMAN
- Date of Birth diisi dengan tanggal lahir kalian. untuk urutannya diisi dengan tahun, bulan, dan tanggal. misalnya: 850910 (10 september 1985)

selamat mencoba, berikut adalah contoh hasil apabila nama anda sudah terdaftar dalam sertifikat Kukkiwon.

Jumat, 16 Maret 2012

Taekwondo Indonesia Kendal Gelar Kejuaraan Taekwondo Antar Pelajar


Minat masyarakat Kendal yang tertarik dengan perkembangan olahraga Taekwondo kian meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Latihan taekwondo yang dilakukan melalui kegiatan ekstra kurikuler di sekolah di tanah Bahurekso. hal ini yang merupakan salah satu hal yang memicu meningkatnya minat terhadap olahraga asli Korea ini. berdasarkan latar belakang diatas maka Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia (TI) Kendal mengadakan Kejuaraan Taekwondo Antar Pelajar di GOR Bahurekso yang berlangsung pada 12-13 Maret 2012.

Kejuaraan taekwondo tersebut diikuti oleh sekitar 120 sekolah, dimana terdiri dari 60 SD, 30 SMP dan 30 SMA. kejuataan taekwondo antar pelajar sendiri dibuka oleh sesepuh Taekwondo Kendal yaitu Master Suroso, Master Suroso adalah pemegang Dan VI Kukkiwon dan juga sebagai perintis berdirinya taekwondo di kabupaten kendal.

dalam Kejuaraan taekwondo antar pelajar tersebut menggunakan sistem 3 ronde, dimana tiap ronde adalah menggunakan waktu 2 menit.

"Dengan jumlah peserta seluruhnya sekitar 450 atlet, maka kemungkinan semifinal dan final baru bisa terlaksana pada, Selasa (13/3). Sedangkan pada, Senin (12/3) masih babak penyisihan," papar Ketua Pengcab TI Kendal Sabeum Nim Baniardi.

Tujuan dari acara kejuaraan taekwondo antar pelajar di kendal ini adalah menjaring bibit atlet yang ada di masing-masing sekolah, sehingga kedepan pembinaan atlet bisa dilakukan sedini mungkin dari usia sekolah dasar.

source : http://citizen6.liputan6.com/read/381915/ti-kendal-gelar-kejuaraan-taekwondo-pelajar

Senin, 12 Maret 2012

Artis cantik Tya Ariestya Ingin Buka Dojang Taekwondo


Artis dan juga presenter Tya Ariestya dulunya adalah seorang atlit taekwondo yang menyandang sabuk hitam. sebelum akhirnya ia terjun ke dunia hiburang saat ini. Meski sudah berhenti berlatih taekwondo semenjak usia 17 tahun, Tya ariestya masih berkeinginan mempunyai impian yaitu mengembangkan keahliannya taekwondo yang ia miliki. "Aku ingin buka dojo (tempat latihan) taekwondo," kata Tya. "Cita-cita dua tahun lagi buat dojo."

Tya sendiri mengungkapkan, untuk membuka dojo bukan merupakan hal yang mudah. "Taekwondo itu butuh suatu ruangan yang besar, modal besar. Fasilitasnya juga harus memadai yaitu matras, sansak," ungkap Tya.

Tya Ariestya mulai belajar beladiri taekwondo semenjak ia duduk di kelas 2 SD. selain bertujuan untuk menjaga kesehatan, olahraga bela diri taekwondo itu juga pernah ia manfaatkan saat diganggu orang lain. "Aku pernah berkelahi waktu masih SMA sama cewek," kata bintang FTV berusia 25 tahun tersebut. "Pas SMA digencet kakak kelas, aku balas. Jidat sempat biru."

Sejarah Taekwondo Masuk ke Indonesia


Taekwondo merupakan cabang beladiri yang sudah terkenal di dunia, di olimpiade taekwondo sudah dipertandingkan. taekwondo sendiri merupakan cabang bela diri yang berasal dari korea selatan.

arti taekwondo mempunyai makna yaitu:

Tae : Kaki / tendangan

Kwon : Tangan / tinju

Kwon : Seni/ cara

jika diartikan maka taekwondo adalah seni beladiri yang menggunakan kaki dan tangan sebagai senjata beladiri untuk menaklukkan lawan/ musuhnya.

taekwondo sudah berkembang sejak abad 37M, pada masa dinasti kogoryodi korea. masyarakatpun menyebut taekwondo dengan istilah yang bermacam-macam antara lain : subak, taekkyon, taeyon. taekwondo sendiri pada jaman dulu digunakan sebagai beladiri andalan bagi para kesatria.

kemudian setelah kemerdekaan korea pada tahun 1945, rakyat korea kemudian berusaha untuk mengembangkan taekwondo sebagai seni beladiri asli tradisional milik korea. atas usahanya hingga kini taekwondo berhasil diterima dan berkembang di hampir seluruh dunia.

seiring dengan perkembangan taekwondo yang semakin pesat, kemudian lahirlah WTF ( World Taekwondo Federation) yaitu merupakan suatu badan federasi taekwondo resmi yang berdiri sejak 28 mei 1973. Presiden WTF pada waktu itu adalah Kim Un Yong. WTF bermarkas di Kukkiwon (seoul) korea selatan. hingga kini WTF telah mempunyai anggota di lebih dari 186 negara.

kejuaraan dunia taekwondo pertama kali diadakan di seoul dimana yang menyelenggarakan adalah WTF ( world taekwondo federation) pada tanggal 25 - 27 mei 1973, dimana pada kejuaraan taekwondo dunia pertama kali tersebut telah berhasil mengikut sertakan 18 negara.

di indonesia sendiri taekwondo yang beraliran WTF mula berkembang pada tahun 1975. dimana yang embawa taekwondo ke indonesia adalah Mauritzs Dominggus. dia datang ke indonesia pada tahun 1972 di tanjung priok, jakarta utara.

sebelum taekwondo masuk di indonesia beladiri karate sudah terlebih dulu masuk dan berkembang di indonesia pada waktu itu.

kemudian seiring dengan perkembangannya pada tanggal 15 juli 1974 Prof. Kim ki ha selaku ketua Asosiasi Korea di Indonesiamenghendaki KATAEDO diganti nama menjadi Institut Taekwondo Indonesia ( Intido).

kemudian tanggal 17 juni 1976 Federasi Taekwondo Indonesia ato disingkat dengan FTI resmi menjadi anggota WTF (world taekwondo Federation) yang ditanda tangani oleh presiden WTF (world taekwondo federation) Kim Un Yon

di indonesia sendiri pada jaman dulu taekwondo terpecah menjadi 2 organisasi taekwondo yaitu FTI (federasi taekwondo Indonesia) yang pada waktu itu di pimpin oleh marsekal muda sugiri dan PTI ( persatuan Taekwondo indonesia) di pimpin oleh leo lapulisa.

kemudian pada tanggal 28 maret 1981 FTI dan PTI bersatu demi perkembangan taekwondo indonesia menjadi organisasi PBTI ( pengurus besar taekwondo Indonesia )yang kemudian diakui oleh WTF (world taekwondo indonesia) dan KONI (Komite olah raga nasional indonesia). yang kemudian ditunjuk ketua umum PBTI pada waktu itu adalah bapak Sarwo Edhie Wibowo.

Kamis, 08 Maret 2012

Bagaimana pendapat anda mengenai beladiri Taekwondo?


beberapa hari yang lalu saya sempat berkunjung ke beberapa forum taekwondo, disana saya menemukan suatu treath dengan judul "Bagaimana pendapat anda mengenai beladiri Taekwondo?". banyak yang memberikan pendapat mereka mengenai taekwondo. diantaranya adalah sebagai berikut :

1. taekwondo adalah beladiri yg cukup menarik dengan dominasi gerakan kaki sebagai serangan.

2. taekwondo adalah dengan tehnik tendangan dan kaki yang kuat

3. taekwondo Biasa biasa aja bro . . . sama seperti Bela Diri yang lain .
Hanya Taekwondo suka banting - bantingan .

4. Bagus sekali, Serangan tendangannya yang efektif bagus untuk menyerang dan counter nya juga bagus, Kekurangannya ialah susah menepis serangan karena tangkisan nya kurang manfaat si karena masih menggunakan teknik tradisional.

nah itu tadi beberapa pendapat yang mereka kemukakan di forum taekwondo tersebut. bagaimana dengan anda? apakah anda juga mempunyai pendapat yang ingin dikemukakan, silahkan untuk kemukakan pendapat anda dengan memberi komentar di kotak komentar ini.

Taekwondo Kendal Sabet Tiga Emas Kejuaraan Taekwondo antar-pelajar DPRD II Cup Pekalongan


Taekwondoin yunior dari Pengcab Taekwondo Indonesia Kabupaten Kendal yang diturunkan dalam Kejuaraan Taekwondo antar-pelajar DPRD II Cup Pekalongan telah berhasil menyabet 3 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

para atlet taekwondo yang berhasil membawa pulang medali emas adalah M.Arfiyanto dari kelas over 75 kg, Iqbal Firdaus under 35 kg, dan Nurida Amalia under 60 kg.

medali yang berhasil disabet kebanyakan berasal dari atlet taekwondo binaan dojang Patriot, Pengcab taekwondo dan dojang taekwondo SMK Muhammadiyah 3 Weleri. "Kami sebelumnya tak menduga bahwa para atlet taekwondo dari dojang SMK Muhammadiyah 3 Weleri berhasil menyumbangkan medali yang cukup banyak.

Selamat untuk pengcab taekwondo Kendal. tingkatkan prestasinya.

Informasi Dojang Taekwondo (alamat Lengkap Seluruh Dojang di Indonesia)


Jika anda sedang mencari informasi dojang taekwondo, baik itu tempat dan alamat. maupun bagi anda yang ingin mempromosikan dojang taekwondo/ club taekwondo anda. silahkan untuk mendaftarkan dojang taekwondo anda / mencari informasinya disini.

Klik disini