Pages

Senin, 14 Oktober 2013

Lima teknik dasar melangkah dalam Taekwondo

Sponsor
Jual Peralatan Taekwondo Lengkap
Klik Gambar di bawah ini



Lima teknik dasar melangkah dalam Taekwondo

Dalam Taekwondo sebelum belajar melangkah kita diharuskan untuk belajar dan menguasai kuda-kuda dasar dahulu dimulai dari bentuk yang benar (jarak kaki depan dengan kaki belakang, lebar kaki kiri dengan kaki kanan, sudut kaki, proporsi pembebanan berat tubuh, letak pusat gravitasi titik keseimbangan, posisi lutut(menekuk/tidak), letak pinggul, posisi bahu dan pinggang, dan lain-lain.

Setelah itu kita belajar alur gerak yang benar berupa perpindahan kaki/ Bal Umjigigi, posisi tubuh/ Momumjigigi, bobot tubuh dan titik keseimbangan dari satu kuda-kuda ke kuda-kuda lain yang telah dipelajari sebelumnya.


 Baru setelah itu kita belajar teknik melangkah, secara sederhana ada 5 jenis langkah dasar yang kalau dikombinasikan bisa menghasilkan banyak sekali teknik-teknik melangkah.

1. Naga Jitki/ langkah maju 
   Melangkahkan kaki belakang kedepan selangkah/dua langkah
  
2. Mullo Jitki/langkah mundur 
   Melangkahkan kaki depan mundur selangkah/2 langkah ke belakang
  
3. Bikhyo Jitki/langkah samping 
   Memindahkan kaki depan atau kaki belakang ke arah samping kiri atau kanan

4. Dwidora Jitki/langkah putar 
   Memindahkan kaki depan kebelakang dengan berputar dari luar kedalam, memindahkan kaki belakang maju kedepan dengan berputar dari dalam ke luar

5. KKeuro Jitki/langkah menutup 
Memindahkan kaki depan/kaki belakang menutup ke sebelah kaki yang satunya.(dalam poomsae/ jurus dikenal dengan istilah Modumbal)

 Selain itu juga dikenal istilah Mikeureumbal untuk teknik melangkah sladding dengan dua kaki yang bergerak serentak secara bersamaan(baik maju, mundur, menyamping maupun berputar) dan Jajeunbal untuk teknik memindahkan tubuh ke berbagai arah mengikuti pergerakan penyatuan dan pemisahan kaki. Ada juga jenis feint step yang merupakan gerak tipuan dan gertakan yang bisa digunakan untuk menggoyahkan pertahanan lawan sebelum menyerang.

 Dalam eksekusi gerak ini, kita diajarkan untuk menjaga pinggul dan bahu tetap rendah bergerak dalam alur garis horizontal pada saat perpindahan posisi agar gerakan langkah kita samar dan tidak mudah dibaca lawan. langkah kaki biasanya digeser dengan jarak telapak kaki dengan lantai sebatas kertas(kecuali utk kuda2 tertentu). Penting juga untuk selalu menjaga keseimbangan dan kontrol tubuh pada saat proses perpindahan langkah guna mengantisipasi perubahan arah langkah yang tiba-tiba jika diperlukan setiap saat mengikuti situasi dan kondisi yang berkembang.

Teknik kuda-kuda, teknik perubahan kuda-kuda, dan teknik melangkah tadi adalah awal dan penyokong dari teknik lanjutan seperti menendang, menyapu, menjejak, mengkait, menjegal, mendorong, mengunci, mematahkan,menyerang dan bertahan. Kesemua teknik itu merupakan bentuk kembangan dari teknik-teknik Taekwondo yang terkandung dalam jurus/Poomsae

Untuk teknik lompatan ada teknik lompatan vertikal dan ada teknik lompatan horizontal, dalam aplikasinya tendangan lompat vertikal biasa disebut twio chagi, untuk yang horizontal ada yang menyebutnya nala chagi




Florian Arizona

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak :)