Berita Terbaru
Loading...
Kamis, 15 Agustus 2013

Tips Latihan Taekwondo di Lapangan Terbuka

Tips Latihan Taekwondo di Lapangan Terbuka

Tips Latihan Taekwondo di Lapangan Terbuka

adakah di antara kita di sini, Unit latihannya di lapangan terbuka yang agak ekstrem.. Lantai semen keras, aspal atau paving block? bagaimana trik anda menyiasati kondisi tempat latihan ekstrem ini.

Jawaban :
saya mau share juga sabeum, ini terjadi di tempat saya sabeum (di bengkulu). dari awal saya ikut taekwondo, latihan kami terbiasa di lapangan basket yang tidak rata bahkan kadang di aspal.

Saat kuliah saya pindah ke jogja, dan saya kagok karena latihan di UKM saya menggunakan matras atau minimal hall olahraga yang lantainya halus. apa yang membuat jadi begitu berbeda? move saat sparing sabeum. ketika pertama kali saya disini saya kesulitan mengikuti gaya move di matras yang sangat sering bergeser kanan kiri maju mundur atau serong dengan kaki yang menggesek permukaan lantai.

Teman2 di bengkulu sangat tidak terbiasa dengan hal ini (terutama dojang saya) krena biasa latihan di semen yang kasar dan panas. (hal ini mungkin, hanya asumsi saya, yang ajdi salah satu, hanya salah satu, penyebab kurang kompetitifnya pesaing dari bengkulu).

Ketika saya pulang liburan ke bengkulu saya pun menceritakjan hal ini ke senior dan sabeum disana. hingga akhirnya diusahakanlah setiap kali untuk latihan fight harus di matras atau lantai yang licin. alasannya karena n anti saat turnamen, kita bertanding di atas matras, bukan semen. maka dari itu harus dibiasakan. tapi kami pun masih latihan di lantai yang kasar kalau hanya latihan reguler.

Kalau solusi dari saya sebaiknya untuk latihan fight tetap cari permukaan yang licin karena nanti kita bertanding di atas matras, bukan semen. tapi kalau memang hanya untuk latihan reguler atau malah fisik, rasanya ya tidak apa apa. atau seperti yang diusulkan di atas, pake sepatu.

0 komentar:

Posting Komentar