Kamis, 12 Januari 2012

Sabum Sulis Triyana Bangga Melatih Tim Pelatnas Taekwondo Nomor Poomsae


Sulis Triyana terpilih sebagai pelatih taekwondo nomor poomsae memang. Sulis Triyana sukses mengantarkan dua taekwondoinnya berjaya di kualifikasi PON Pekanbaru, Riau tanggal 15-18 Desember lalu. karena prestasinya, oleh Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (TI) Sulis Triyana dipercaya untuk menangani tim pelatnas taekwondo yang akan tampil di Kejuaraan Taekwondo Dunia di Mesir, April nanti. dia dibantu Bersama asisten pelatihnya yang berasal dari Jawa Timur, dia dalam beberapa bulan ditugaskan menyeleksi atlet poomsae dari seluruh Indonesia.

Panggilan Pelatnas merupakan kesempatan pertama saya setelah lama berjuang membawa nama Jawa Tengah.

Sulis Triyana menekuni olahraga taekwondo pada Usia 21 tahun, dia baru mengenal cabang olahraga bela diri asal Korea tersebut. Sekitar tahun 1986, Sulis sapaan akrabnya mencoba untuk menjajaki profesi sebagai pelatih dengan membawa Kodia Semarang tampil di Porda Jateng.


Sulis mengaku sempat vakum lama dari kesibukan sebagai pelatih taekwondo. Tahun 1995, dia memutuskan untuk istirahat setelah melatih tim Jateng. Tahun 2006, ayah dari Wicesar Fian Zaneta (19) dan Wicesar Lison Taofan (16) ini kembali aktif di cabang taekwondo. Tapi statusnya bukan sebagai pelatih, dia memilih terjun kembali menjadi atlet nomor poomase.


Usia malang melintang di kejuaraan daerah ataupun nasional, tahun 2009 Sulis Triyana kembali dipercaya Pengprov TI Jateng untuk melatih atlet poomsae Pelatda. Dari situ, kariernya di dunia kepelatihan mulai menunjukkan titik cerah. Bahkan dia berjanji untuk bisa membawa atlet-atlet Indonesia berprestasi di event internasional.
“Ini kepercayaan yang harus saya syukuri. Dengan modal banyak atlet potensial, saya yakin Indonesia bisa berjaya di event internasional.

Selasa, 10 Januari 2012

Taekwondo Kalimantan Timur Target 5 Medali Emas PON Riau


Pengprov Taekwondo Indonesia Kaltim menargetkan 5 medali emas pada PON XVIII 2012 yang akan berlangsung Riau atau mempertahankan pencapaian prestasi emas pada PON sebelumnya di Kaltim sebagai tuan rumah.


"Gubernur Kaltim, Awang Faroek telah mencanangkan prestasi 3 besar pada PON Riau mendatang dan sudah pasti KONI Kalimantan timur sebagai penanggung jawab target tersebut membebani kepada semua cabang olahraga, termasuk Taekwondo, dan mengacu pada prestasi yang kita capai pada PON sebelumnya saya rasa kami bisa mendapatkan lagi lima medali emas.

Pada Pra PON 2012 Riau yang berlangsung 15-18 Desember 2011 kemarin, Kalimantan timur berhasil meloloskan 10 atlet taekwondo dari 16 kelas yang dipertandingkan, dan kaltim membawa pulang 2 emas, oleh Eka Sahari dan Alfred dan menempatkan Kalimantan timur pada peringkat empat besar nasional.


Sepuluh atlet yang lolos di antaranya enam atlet putri seperti Siti Mahmudah kelas under 46 kg putri,Murni Leni Pratiwi kelas 49 kg putri, Yuni Andini kelas under 53 kg putri, Krisnawati kelas under 67 kg putri, Silviana J Rosok kelas under 73 kg putri dan Eka Sahara kelas over 73 kg putri (medali emas).

Sedangkan empat atlet putra yang lolos di antarnya Junaidi Alfred Blegur, kelas under 68 kg putra peraih medali emas dan saat ini mendapatkan panggilan pelatnas even Internasional, Georgios Anja kelas under 74 kg putra, Satria kelas under 80 kg putra, dan Rivanda Huda kelas over 87 kg putra.

Kamis, 05 Januari 2012

Indah Ma’rifah Taekwondo Putri Kalsel Kembali Dipanggil Pelatnas.


Bernama lengkap Indah Ma’rifah yaitu taekwondoin putri yang berasal dari Kalimantan selatan kembali dipanggil pelatnas. mulai tanggal 15 Januari 2012 mendatang Indah harus sudah berada di Jakarta untuk mengikuti program latihan pelatnas.

Pemanggilan Indah merupakan kedua kalinya. Pertama dia dipanggil masuk pelatnas untuk berlaga di SEA Games XXVI Jakarta – Palembang 2011 lalu. Namun, pada SEA Games kemarin kelas under 49 Kg putri tak jadi dipertandingkan.

Indah Sendiri kembali dipanggil kembali ke pelatnas tidak terlepas dari penampilan cemerlangnya pada Pra-PON taekwondo 2011 di Pekanbaru, Riau, pada 15-18 Desember. Meski hanya meraih medali perunggu, perjuangan Indah untuk mendapatkan itu sangatlah berat.

Itu terlihat dari penampilan Indah Ketika melakoni laga perdana babak penyisihan Pra Pon Kemarin , Pada penyisihan pertama Indah sudah berhadapan dengan Resty Yulia (Banten) yang merupakan seniornya di pelatnas. Kendati rahang kiri tergeser menjadi korban saat menghadapi keganasan Resty, Dia mampu memenangkan pertandingan.

Di babak penyisihan kedua Indah juga sukses menumbangkan Erly Raty Labesst dari Sulawesi Utara. Di kancah taekwondo nasional, Erly punya nama tenar karena termasuk atlet binaan YUTI (Yayasan Universal Taekwondo Indonesia) atau yang dulunya TIME (Target Indonesia Menuju Emas) SEA Games.

Pelatih Indah bernama Jufhari sendiri mengaku senang Indah bisa kembali dipanggil ke pelatnas. Menurutnya, hal tersebut akan menambah kualitas Indah sebelum tampil di PON XVIII Riau 2012 mendatang.

Rabu, 04 Januari 2012

I-Dragon Taekwondo Demonstration Team


pernahkah anda mendengar Team Demonstrastion taekwondo K-tigers, K-Tiger adalah team demonstrasi taekwondo yang sangat terkenal berasal dari korea. banyak sekali video demonstrasi K-Tigers kita temui di internet. anda bisa menemukannya di Youtube.

Nah bagaimana untuk Indonesia sendiri? apakah sudah ada Team Demonstrasi taekwondo? baru-baru kemarin saya menyaksikan kejuaraan taekwondo PMS Open Tournament yang berlangsung di kota Solo.

di dalam pembukaan taekwondo tersebut ternyata di meriahkan dengan atraksi demonstrasi taekwondo dari Klub I-Dragon Taekwondo Demonstrasion Team yang bersal dari klub taekwondo di solo.

Atraksinya sangat bagus dan mengagumkan, mulai dari taekwondo dance, pemecahan benda keras/kyukpa, kyorugi, hosinsul, tae-geuk, semua dipadukan dengan musik sehingga penampilannya begitu memukau.

berikut beberapa koleksi foto dari team demo taekwondo I-Dragon.




Selasa, 03 Januari 2012

Jadwal Event Kejuaraan Internasional Taekwondo Berdasarkan Kalender Resmi WTF Untuk Tahun 2012


Jika anda para taekwondoin yang mencari informasi mengenai kejuaraan taekwondo berskala internasional sepanjang tahun 2012. berikut akan saya berikan informasi mengenai kejuaraan taekwondo internasional 2012 berdasarkan kalender WTF ( World Taekwondo Federation )

1. 09-11 Februari (4th Bahrain Open di
Manama, Bahrain)

2. 15-20 Februari (5th Alexandria International Open di Alexandria, Mesir)

3. 03-04 Maret (Jerman Open 2012 di Hamburg, Jerman)

4. 04-08 April (9th WTF World Junior Taekwondo Championships di
Sharm El Sheikh, Egypt)

5. 03-06 Mei (20th European Senior Taekwondo Championships di Manchester, Inggris)

6. Mei (2nd Asian Taekwondo Poomsae Championships di HCMC, Vietnam)

7. 4 Mei (1st Asian junior Taekwondo Poomsae Championships di HCMC, Vietnam)

8. 5-6 Mei (6th Asian Junior Taekwondo Championships di HCMC, Vietnam)

9. 7-8 Mei (20th Asian Taekwondo Championships di HCMC, Vietnam)

10. 20-25 Mei (2012 Sportaccord Convention di Quebec City, Kanada)

11. 25-20 Mei (2012 World University Taekwondo Championships di Pocheon, Korea)

12. 27 Juli-12 Agustus | TKD 08-11 Agustus (London 2012 Olympic Games London, Inggris)

13. 7th WTF World Taekwondo Poomsae Championships

14. 2012 WTF World Cup Taekwondo Team Championships di Santa Cruz, Aruba

15. 3rd WTF World Para-Taekwondo Championships di Santa Cruz, Aruba

Sumber : wtf.org

Senin, 02 Januari 2012

Desi Julianti Pelari yang Hijrah ke Taekwondo.


Taekwondoin putri asal aceh Desi Julianti tercatat sebagai peraih medali emas taekwondo kejuaraan nasional Korean Ambassador di Jakarta, yang dilangsungkan pada tanggal 27-29 September 2011. Desi Julianti Memulai karier sebagai olahragawati pada cabang atletik, yakni lari meraton 5 km. Namun kemudian dia beralih ke cabang beladiri asal korea taekwondo setelah melihat sang bibi, Asmaul Husna, yang juga atlet taekwondo Aceh, sering membawa medali. “Maka saya pun akhirnya beralih ke cabang olahraga keras ini,”.

Desi julianti merupakan Putri tunggal dari pasangan Razali - Sukmayati. Desi Juliannti mempunyai cita-cita untuk menjadi Polwan. hingga saat ini dia sudah mendulang sejumlah medali, dua medali tingkat nasional dan empat lainnya di Aceh.

Selain peraih juara satu pada kejuaraan taekwondo Jakarta Korean Ambassador (2011), Desi Julianti juga meraih predikat atlet terbaik pada kejuaraan yang diselenggarakan Kedutaan Korea Selatan di Jakarta dan pemegang medali perak pekan olahraga pelajar nasional (Popnas) di Pekanbaru, Riau, yang berlangsung 1-3 Oktober 2011.

Cita-cita Desi Julianti adalah ingin menjadi juara dunia taekwondo. Dia yakin dengan latihan keras, suatu saat akan mampu membawa medali taekwondo peringkat dunia ke Aceh.

Pada pertandingan taekwondo internasional pertama yang diikutinya di Korea Selatan, dia tak meraih medali. akan tetapi, pengalaman pertama di event internasional itu merupakan modal dia untuk pertandingan tahun-tahun berikutnya.