Rabu, 30 November 2011

Taktik Bermain Taekwondo


Dalam Pertandingan Taekwondo, seorang atlet tidak hanya mengandalkan tenaga dan kekuatan, akan tetapi taekwondoin memerlukan taktik dan strategi untuk memenangkan suatu pertandingan taekwondo.

berbeda dengan poomsae, untuk kyorugi atau perkelahian seorang taekwondoin dituntut untuk mempunyai taktik dan strategi dalam menghadapi lawan. tanpa taktik dan strategi akan susah mengalahkan lawan.

kita bisa melatihnya dengan sering melihat video kejuaraan taekwondo, bisa kita cari di youtube dimana banyak terdapat video kejuaraan taekwondo di seluruh dunia, kita bisa mempelajari tehnik lawan dan kita juga bisa mempelajari bagaimana cara menhadapi tipe lawan yang bermacam2. selain itu kita perlu banyak berlatih sparing dengan lawan, melakukan uji coba tanding dengan taekwondo lain. itu akan mengasah kemampuan insting bertarung kita. semoga tips ini bermamfaat.

Foto David Beckham Berlatih Taekwondo

David Beckham yang kita kenal sebagai pemain sepak bola ternyata dia juga hobby taekwondo, wah nendang bola aja jago apalagi nendang orang seperti apa ya? berikut ini adalah foto David Beckham sedang memakai seragam taekwondo. langsung aja TKP.

Selasa, 29 November 2011

Informasi Kejuaraan Taekwondo Depok Open Cup 2011


Dengan mengusung Tema “Berjuang Meraih Prestasi ”, Pengcab TI Kota Depok akan menyelenggarakan " Kejuaraan Taekwondo Depok Open Cup 2011 ".

kejuaraan taekwondo Depok Open 2011 akan diselenggarakan pada tanggal 20 – 21 Desember 2011 bertempat di Gedung POPKI Cibubur.

Untuk kategori yang akan dipertandingkan pada kejuaraan Depok Open itu sendiri yaitu Kategori Pemula, Super Junior, Pra Junior , Junior, dan Senior.

Untuk syarat Kelengkapan dan informasi lebih lanjut anda bisa mendownload proposal dengan meng klik link disini

Senin, 28 November 2011

Atlet Poomsae Indonesia Memperagakan Tendangan Yeop Chagi

Berikut adalah gambar Atlet Poomsae Indonesia yang sedang memperagakan tendangan Yeop Chagi. gmabar tersebut diambil saat berlangsung acara ESTA Senior Camp 2011 di Kaliurang bertempat di museum Gunung berapi.

Atlet taekwondo poomsae yang ada di dalam foto tersebut antara lain Don Bosco, Dany Harsono, Andrea Handoko, Mellysa Padma Paramita.

Sabtu, 26 November 2011

Daftar Nama Atlet Taekwondo Jateng Yang Akan Diturunkan Di Pra PON XVIII


Berikut adlah nama-nama atlet Taekwondo Jateng yang akan diturunkan pada event Pra PON XVIII yang akan berlangsung di Riau mendatang. atlet-atlet yang diturunkan sudah melalui seleksi yang ketat dan fair.

Kategori Kyorugi Putra(Tarung)
1. Putra kelas 54 kilogram Renaldy Atmanegara.
2. Putra kelas 58 kilogran Stavanus Ong.
3. Putra kelas 63 kilogram Taufik Fajar.
4. Putra kelas 68 kilogram Iksan Saiful Muluk.
5. Putra kelas 74 kilogram Mufron Umarogi.
6. Putra kelas 82 kilogram Yekti Lingga.
7. Putra kelas 87 kilogram Lukman Hakim.

Kategori Kyorugi Putri
1. Putri kelas 46 kilogram Bertha Nurul.
2. Putri kelas 49 kilogram Adelina Qistin N.
3. Putri kelas 53 kilogram Dewi Puspitasari.
4. Putri kelas 57 kilogram Rosita Dwi Handini.
5. Putri kelas 62 kilogram Vony Dian.
6. Putri kelas 67 kilogran Anis Nurhaeni.
7. Putri kelas 73 kilogram Indah Nuranisa .

Sedangkan di Kategori Poomsae jateng mengirimkan 2 atlet taekwondo poomsae yaitu:
Adrian Septiadji dan Lesitra Draingrati. Lesitra Draingrati sendiri merupakan peraih medali emas SEA Games 2011 kemarin di jakarta.

Pengprov TI Jateng Kirim 10 Atlet Taekwondo Ke Pra-PON


Pengurus Provinsi Taekwondo (Pengprov TI) Jateng mempersiapkan 10 atlet taekwondo untuk diikutsertakan di event Pra-PON XVIII yang akan berlangsung di Riau, pada 15-18 Desember 2011 mendatang.

"Sejumlah 10 atlet taekwondo putra dan putri yang diterjunkan itu merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan di pemusatan latihan di Semarang," ungkap Pelatih Taekwondo Jateng Bambang Wijonarko".


Bambang mengatakan, seleksi atlet taekwondo berlangsung dengan fair dan ketat. Selain Bambang sebagai pelatih utama, pelatih lainnya Singgih Hendarto, Andre Darwin, dan Dereck Aksa.

Dari keseluruhan atlet taekowndo jateng kelas yang akan dipertandingkan di Pra-PON yakni delapan kelas kyurugi putra, delapan kelas kyurugi putri, dan dua kelas pomsee (putra-putri), Jateng menyertakan atletnya.

Syarat atlet taekwondo tampil di Pra-PON, ungkap dia, si setiap kelas hanya boleh diwakili 1 atlet taekwondi. sedangkan Jateng sendiri memiliki beberapa atlet taekwondo yang tangguh di tiap-tiap kelas sehingga harus diseleksi untuk dipilih yang terbaik.

Untuk kelas Kyorugi taekwondoin putri 46 kilogram, katanya, Jateng menurunkan taekwondoin Bertha Nurul, kelas 49 kilogram Adelina Qistin N, kelas 53 kilogram Dewi Puspitasari, kelas 57 kilogram Rosita Dwi Handini, kelas 62 kilogram Vony Dian, kelas 67 kilogran Anis Nurhaeni, dan kelas 73 kilogram Indah Nuranisa .

Untuk kategori kelas taekwondo putra kelas 54 kilogram Renaldy Atmanegara, kelas 58 kilogran Stavanus Ong, kelas 63 kilogram Taufik Fajar, kelas 68 kilogram Iksan Saiful Muluk, kelas 74 kilogram Mufron Umarogi, kelas 82 kilogram Yekti Lingga, dan kelas 87 kilogram Lukman Hakim.

sedangkan untuk kategori nomor Poomse atau jurus, jateng akan menurunkan atlet poomsae Adrian Septiadji dan Lesitra Draingrati.

jateng berharap,para atlet taekwondo Jateng dapat lolos PON XVIII yang akan diselenggarakan di Riau mendatang, sedangkan persaingan yang berat adalah dari para atlet taekwondo Jawa barat, DKI Jakarta, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jumat, 25 November 2011

Taekwondo Bangka Belitung Siapkan Atletnya Menghadapi Pra PON



Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia Babel akan mengadakan TC (Training Camp) untuk atlet taekwondo nya yang akan dimulai pada hari Jumat (25/11/2011) hingga tanggal 13 Desember 2011. Atlet yang diturunkan adalah Sebanyak 7 atlet putra dan 1 atlet putri untuk mengikuti Training Camp yang diadakan di Sanggar Kegiatan Bersama Tua Tunuh, TC ini merupakan persiapan dalam menghadapi Pra PON.

pelatih yang menanganni para atlet ini adalah Husni Apriansyah DAN II Kukkiwon dan Yulizar DAN II Kukkiwon, Albi Adullah DAN II Kukkiwon serta Mashur Syamsuri DAN II Kukkiwon.

berdasarkan dari pantauan bangkapos.com, pada hari Jumat (25/11/2011) para atlet Taekwondo Bangka belitung melakukan latihan fisik di sekitar Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang.

Diberitahukan oleh Husni yang juga didampingi Yulizar bahwa atlet Taekwondo putra Bangka belitung yang akan mengikuti Pra PON antara lain adalah yang turun di kelas Fin, Fly, Bantam, Feather, Light, Welter middle sedangkan untuk atlet taekwondo putri akan diturunkan di kelas Middle.

Dikatakan Husni bahwa persiapan yang dilakukan sangat minim, akan tetapi diharapkan atlet taekwondo Bangka belitung dapat lolos mendapatkan tiket PON. Sebelumnya pada PON di Kaltim tahun 2008, Taekwondo Bangka belitung hanya mendapatkan satu medali perunggu.

Kamis, 24 November 2011

Usai Meraih Medali Emas SEA Games 2011, Fransisca Valentina Jalani Operasi


Taekwondoin Putri Nasional yang bersal dari Sragen Fransisca Valentina menjalani operasi Paha sebelah kiri usai meraih medali emas SEA Games 2011 ke XXVI di cibubur kemarin.

sebelum menjalani operasi pada paha sebelah kiri Fansisca Valentina terlebih dahulu menjalani rawat inap di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta sejak hari minggu kemarin.

cedera pada paha kiri Fransisca sudah dialaminya sejak pada babak pertama kualifikasi SEA Games kemarin, dimana pada kualifikasi pertama ia bertemu dengan atlet Thailand. cedera dialami saat kedua atlet sama2 menendang dan disaat itu Fransisca terkena tendangan di bagian paha kiri.

Akan tetapi fransisca berhasil memenangkan penyisihan awal dan dia bisa melanjutkan ke babak selanjutnya, dan ketika ia memasuki babak final tiba tiba kaki kirinya sulit untuk diangkat. dan Fransisca berdoa kalau memang ini rejeki saya saya pasti akan bisa" ungkapnya.

akan tetapi setelah ia berhadapan dengan lawannya di final yaitu taekwondoin asal malaysia, justru malah kaki kirinnya yang berhasil menyumbangkan banyak point. bahkan ia berhaasil menang telak melwan taekwondoin dari malasyia dengan skore 8 - 2

Fransisca mendapatkan bonus sebesar 200 juta, dan ketika ditanya untuk apa bonus tersebut: dia menjawab " saya tidak punya keinginan apa-apa dengan bonus itu. saya akan pergunakan uang itu untuk masa depan saya". kata dia.

Foto Team Taekwondo Indonesia di SEA Games 2011

Berikut ini adalah koleksi Foto Team Taekwondo Indonesia yang berlaga di SEA Games 2011. team taekwondo indonesia di SEA Games 2011 berhasil membawa pulang 6 medali emas.


Kejuaraan Mahasiswa Invitasi Taekwondo Antar Peguruan Tinggi PNJ Cub 2011


Kampus UI- Depok akan mengadakan kejuaraan taekwondo antar mahasiswa yang bertajuk Kejuaraan Mahasiswa Invitasi Taekwondo Antar Peguruan Tinggi se-DKI Jakarta - Jabar dan Banten PNJ Cub 2011.

di kejuaraan taekwondo antar mahasiswa tersebut akan memperebutkan
juara umum 1 sebesar Rp.5.000.000,00
juara umum 2 sebesar Rp.3.000.000,00
juara umum 3 sebear Rp.2.000.000,00
dan masing masing atlet putra-putri terbaik mendapatkan Rp.500.000,00

pendaftaran dimulai tanggal 7 - 26 november 2011
bertempat di : pusgiwa - lantai 2 PNJ (kampus UI - Depok)

untuk pertandingan sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 12 -13 desember 2011 bertempat di Gymnasium UI

Untuk informasi lebih jelas
hub : Contact person
Djamal : 021-92470440
Lusi : 085777198922
Syifa : 021-94608135

untuk tiket masuk sendiri Rp.5000,00

Rabu, 23 November 2011

Koleksi Foto-Foto Perebutan Medali Emas SEA Games 2011


Atlet Taekwondo SEA Games yang berasal dari Vietnam, Thanh Tam Duong hugo warna (merah) melawan atlet Taekwondo dari Thailand, Peerathep Sila-on yang memakai Hugo (biru) bertemu di babak final nomor Kyorugi (tarung) Putra under 74 kg dalam Sea Games XXVI di Gor POPKI, Cibubur, Jakarta, Sabtu (12/11). dalam Pertandingan tersebut akhirnya dimenangkan oleh atlet Vietnam Thanh Tam Duong dengan nilai skor 3-1.







source: http://foto.inilah.com/read/detail/68576/perebutan-emas-taekwondo

Video Taekwondo Final Fransisca Valentina di SEA Games 2011


Fransisca Valentina di SEA GAmes 2011 berhasil menyumbangkan medali emas bagi kontingen indonesia lewat cabang beladiri taekwondo. Fransisca sendiri turun di kelas under 46kg. dia berhasil mengalahkan lawannya di final dengan skore 8 - 2 setelah mengalahkan taekwondo dari malasyia di final.

jika anda tidak bisa menyaksikan final antara fransisca dengan lawannya di final, berikut akan saya berikan video Final SEA Games 2011 Fransisca yang berhasil menyabet medali emas di cabang taekwondo.

Selasa, 22 November 2011

Koleksi Foto-Foto Penutupan SEA Games 2011

Berikut ini adalah koleksi dari foto foto upacara penutupan SEA Games 2011.










Akhirnya Dengan Perjuangan Yang Tidak Mudah "Indonesia BISAA", Indonesia Menjadi Juara Umum SEA Games Ke-26 Dengan Memperoleh 182 Emas, 151 Perak, & 142 Perunggu Dengan Total Raihan 475 Medali.

Taekwondo Iran Yakin Sukses Di Olimpiade London 2012


Mohammad Ali-Abadi sebagai Ketua Komite Nasional Olimpiade Iran, mengatakan "Menyusul pretasi cemerlang para atlet Iran di cabang taekwondo ini, Republik Islam Iran mempunyai harapan yang besar untuk dapat sukses dalam Olimpiade 2012 yang berlangsung di London besuk."

hal itu dikemukakan Ali-Abadi sewaktu meninjau proses persiapan dan latihan para atlet team taekwondo Iran dan ditemani wakil Dewan Olimpiade Asia Iran. Peninjauan Ali-Abadi itu juga diiringi oleh Ketua Federasi Taekwondo Iran, Sayid Mohammad Puladgar dan sejumlah pejabat Komite Olimpiade Iran.

menyinggung mengenai penampilan hebat team taekwondo Iran dalam berbagai pertandingan baik berskala regional maupun internasional, Ali-Abadi yakin bahwa tim taekwondo Iran akan sukses dalam Olimpiade 2012 yang berlangsung di London. dikatakannya juga bahwa Komite Olimpiade Nasional Iran akan mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk meningkatkan kesiapan timnas taekwondo Iran.

Team taekwondo putra Iran telah mengamankan 2 kartu tiket masuk Olimpiade 2012 yang berlangsung di London. Adapun mengenai nasib dari 2 kursi untuk team taekwondo putri Iran, Ali-Abadi mengungkapkan, "Kami menanti keberhasilan dari team taekwondo putri Iran untuk memperoleh jatah tempat pada Olimpiade yang akan berlangsung di London mendatang."

Senin, 21 November 2011

Jadwal dan Tempat Pertandingan Taekwondo Pra PON 2011



Bagi anda yang mencari informasi mengenai jadwal dan tempat pertandingan taekwondo Pra PON 2011 maka berikut ini akan saya berikan informasi nya.

Untuk cabang beladiri taekwondo sendiri di ajang Pra PON akan diselenggarakan pada tanggal 15 - 18 Desember 2011. Untuk Tempat Pertandingan Taekwondo Pra PON 2011 sendiri akan dilaksanakan di GOR Remaja Pekanbaru.

Total Perolehan Medali SEA Games 2011

Berikut ini adalah DiagramTotal Perolehan Medali SEA Games 2011 di hari yang Ke 10. Dan Indonesia di cabang taekwondo berhasil menyumbangkan medali emas sebanyak 6 buah.
Di hari ke 10 indonesia semakin kokoh menduduki peringkat yang pertama dengan total perolehan medali 155 medali emas 131 medali perak dan 116 medali perunggu.

Indonesia, kamu pasti Bisa! :)

Sulsel Kirim 9 Atlet Taekwondo di Pra PON


Pengurus provinsi Taekwondo Indonesia Sulawesi Selatan akan mengirimkan 9 atlet taekwondo guna menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON),yang akan berlangsung di Riau, pada tanggal 15-18 Desember tahun ini.

Muhammad Tahir sebagai Sekretaris Umum Taekwondo Sulsel, di Makassar, Senin kemarin, mengungkapkan meski hanya menerjunkan 9 atlet namun pihaknya tetap optimis dapat meraih hasil yang memuaskan termasuk bisa lolos ke tingkat PON XVIII di Riau 2012.

Tahir mengungkapkan, bahwa seluruh atlet taekwondo yang akan dijerjunkan dalam pra PON terdiri dari 5 putra dan 4 putri yaitu, Iksan, Rezky, Halidun, Ricard, Jamal, Ayu Komang, Kasdaniati, Rosina Dorce Resmol, serta Sri Buana.

"Kita sebenarnya ingin mengikuti 16 kuota namun dikarenakan ada beberapa hal termasuk peluang sehingga hanya mengirimkan 9 atlet taekwondo saja. Mudah-mudahan atlet taekwondo yang diterjunkan dapat meraih hasil yang terbaik,"jelasnya.

untuk dapat meraih hasil maksimal di Pra PON, seluruh atlet taekwondo terus dipersiapkan dengan matang sejak dini.Keseriusan menghadapi babak kualifikasi Pra PON dapat dibuktikan dengan keputusan menggelar latihan rutin setiap hari.

Persiapan yang matang, kata Tahir, juga sesuatu antisipasi jika atlet taekwondo Sulsel yang diturunkan akhirnya harus bertemu dengan atlet SEA Games XXVI. Maklum, Pengurus Besar Taekwondo Indonesia belum memutuskan apakah atlet SEA Games mendapat tiket otomatis atau wajib melalui babak kualifikasi.

Jadwal latihan untuk para atlet kini semakin diperketat. Saya yakin jika persiapan dilakukan lebih serius maka akan bisa membuka peluang meraih tiket PON, ungkapnya.

Minggu, 20 November 2011

Gambar Tempat Latian Taekwondo - Dojang Taekwondo

Dalam berlatih taekwondo perlu ada sarana dan prasarana penunjang, diantara sarana dan prasarana penunjang yang paling penting adalah adanya tempat latihan taekwondo atau dalam istilah korea disebut dengan "Dojang Taekwondo".

Diluar negeri sarana seperti tempat latihan taekwondo di bangun dengan sangat bagus, dengan design yang sudah profesional. berikut ini adalah beberapa koleksi beberapa tempat taekwondo/ dojang taekwondo yang saya dapatkan di internet.


Tempat Latihan Taekwondo 1


Dojang Taekwondo


Dojang Taekwondo 2


Tempat Latihan Taekwondo


Sarana Latihan taekwondo

Koleksi Poster Taekwondo Terbaru

Berikut ini saya akan membagikan koleksi poster taekwondo, poster taekwondo ini saya dapatkan di beberapa sumber yang ada di internet. jika merasa kurang anda bisa melakukan pencarian di internet dengan mengetik kata kunci "poster taekwondo". semoga bermamfaat.


poster taekwondo 1


poster taekwondo 2


Poster taekwondo 3


Taekwondo poster 4


Poster taekwondo 5


Sabtu, 19 November 2011

Basuki Nuggroho Peraih Medali Emas Taekwondo SEA Games 2011


Taekwondoin kita BASUKI NUGROHO masuk ke dalam rekor Museum Rekor Dunia Taekwondo Indonesia (M U R T I) sebagai Peraih Medali medali Emas Pertama yang turun di Kelas Under 87 kg di Sea Games XXVI Palembang-Jakarta, Indonesia 12-15 November 2011.

Basuki Nugroho merupakan Taekwondoin Putra Indonesia Pertama yang berhasil Menyabet Medali Emas di Kelas Under 87 kg di Sea Games XXVI Palembang-Jakarta. Cabang beladiri Taekwondo sendiri di SEA Games diadakan di Cibubur yang berlangsung pada Tanggal 12-15 November 2011. Sea Games taekwondo yang ke XXVI dilaksanakan di Indonesia dari Tanggal 11 – 22 November 2011.

Nomor Rekor MURTI untuk Basuki Nugroho
(No.224/R.MURTI/XI/2011)

Atlet Taekwondo Mesir Boikot Atlet Israel


Atlet Taekwondo Mesir bernama Rawan Ali menolak untuk bertanding disaat melawan atlet taekwondo Israel bernama Sevan Fenster. Keduanya atlet taekwondo tersebut bertemu dalam babak perempat final di kejuaraan Taekwondo Terbuka yang berlangsung di Kroasia.

di Situs Israel SPORT 1 dilaporkan, saat diberitahu bahwa Ali akan bertemu dengan Fenster, atlet taekwondo Mesir itu langsung menolak bertanding dan dia memilih mundur dari tornament. di dalam Aturan kejuaraan taekwondo memberi keleluasaan yang sebebas-bebasnya pada peserta atlet untuk mengundurkan diri dari pertandingan tanpa harus memberikan justifikasi apapun.

Ini merupakan kejadian yang bukan yang pertama kalinya seorang atlet menolak bertanding dengan atlet Israel. Atlet asal Iran juga menolak berhadapan dengan atlet Israel Lern Melakhy. Para atlet itu menolak bersentuhan dengan Israel sebagai bentuk solidaritas mereka atas perjuangan rakyat Palestina melawan penjajahan Israel.

Gerakan sipil Boycott, Divestment, dan Sanctions (BDS) menyatakan, partisipasi tim atau individu Israel dalam berbagai ajang olahraga internasional dengan mengusung jargon “Fair Player” adalah bagian dari propaganda rezim zionis untuk melegitimasi aksi-aksi kekerasan dan kekejaman mereka di wilayah Palestina dan terhadap rakyat Palestina.

dalam beberapa bulan belakangan ini, beberapa media massa memberitakan bahwa atlet asal Aljazair dan Tunisia juga menolak untuk berkompetisi dengan lawan mereka yang berasal dari Israel.

Pada tanggal 4 Oktober 2011, atlet yudo dari Aljazair Mariam Moussa juga menolak bertanding dengan atlet Israel Shahar Levi, di dalam Kejuaraan Dunia Yudo. Padahal kejuaraan itu adalah peluang bagi Moussa untuk lolos kualifikasi keikusertaannya dalam Olimpiade 2012 yang berlangsung di London.

dan juga atlet anggar asal Tunisia bernama Besbas Azzah juga menolak berhadapan dengan atlet anggar asal Israel Naomi Mills di partai final pada Kejuaraan Dunia Anggar. Azzah memilih mundur dari bertanding dengan Mills sebagai bentuk dari dukungannya terhadap perjuangan rakyat Palestina.

source: http://salingsebar.com/2011/11/lagi-atlet-taekwondo-mesir-boikot-atlet-israel/

Kejuaraan Taekwondo Pelajar PMS Open 2011


Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) Dragon Taekwondo Solo dan bekerjasama dengan Dikpora akan menyelenggarakan kejuaraan taekwondo prajunior-junior khusus tingkat pelajar.

kejuaraan taekwondo pra yunior-junior tingkat pelajar tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 28 - 30 desember 2011 pukul 08.00 - 21.00 bertempat di Gor Manahan Surakarta.

bagi anda yang ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap mengenai kejuaraan ini dapat menghubungi dengan meng click disini

EMAS TAEKWONDO FRANSISKA MELAWAN CIDERA & USUS BUNTU


aTLET Taekwondoin putri Indonesia, Fransisca Valentina langsung berlari dan memeluk pelatihnya, Mr Lee usai diumumkan menang telak dengan skor 8-2 atas lawannya Taekwondoin dari Malaysia, Nurul Asfahlina. Tangis Fransisca gadis 24 tahun tersebut langsung pecah seiring gemuruh sorak-sorai dan tepuk tangan suporternya yang memenuhi Gedung Olahraga POPKI Cibubur, Jakarta Timur.

Fransisca valentina siang itu meraih emas cabang beladiri Taekwondo SEA Games XXVI yang turun di kelas under 46 kg putri. Frnsisc Seolah tak merasakan nyeri di kaki kirinya akibat operasi tulang kering yang belum lama ini dijalaninya,fransisca valentina kemudian berlari mengitari lapangan sambil membawa bendera Merah Putih indonesia, dan menyapa para pendukungnya. Matanya masih basah menahan haru. Inilah emas pertamanya yang berhasil diraih di ajang SEA Games.

Fransisca sama sekali tidak menyangka bahwa dia akan meraih medali emas. Kondisi saya sebenarnya tidak memungkinkan untuk menang di partai final. hal itu dikarenakan Kaki kirinya sama sekali tidak bisa digerakkan beberapa saat sebelum bertanding,” ujar dara manis kelahiran Klaten, Jawa Tengah, 23 Maret 1987 ini.

Sebelumnya Fransisca yang juga Peraih medali perunggu Asian Games 2010 itu mengakui kondisi kaki kirinya sempat membuatnya ragu untuk meraih medali emas di partai final. akan tetapi, sepenggal bait lagu ‘Padamu Negeri’ yang terdengar saat mengencangkan sabuk, bersiap untuk bertarung, diakui Sisca membuat jiwanya bergetar. Kecemasan akan kaki kirinya mendadak hilang seketika dan berganti menjadi kekuatan yang menggelora.

Saat saya mendengar para pendukung yang menyanyikan lagu, ‘padamu negeri, jiwa raga kami’ saya seketika itu langsung merinding. Entah kenapa semangat saya untuk menang tiba-tiba datang berlipat-lipat. Saat itu saya pasrah kepada Tuhan, dan berharap hasil terbaik dari apa yang bisa saya lakukan,” ujarnya sambil berbinar.

Fransisca Valentina yang juga sebelumnya Peraih medali perak SEA Games 2009 di Thailand tersebut juga mengatakan, medali emas pertama SEA Games itu ia persembahkan kepada kedua orang tuanya. fransisca dan juga sebagai mahasiswi Universitas 17 Agustus Semarang itu mengatakan bahwa, dukungan ibu dan ayahnya merupakan bahan bakar utama yang menyulut api juara di dalam dirinya. Medali emas yang diraih tersebut tak sabar untuk diperlihatkan kepada mereka.

Peraih medali perak SEA Games 2009 di Thailand tersebut mengatakan, medali emas pertama SEA Games itu ingin ia dedikasikan untuk orang tuanya. Bagi mahasiswi Universitas 17 Agustus Semarang itu, dukungan ibu dan ayahnya merupakan bahan bakar utama yang menyulut api juara di dalam dadanya. Medali emas di tangannya tersebut tak sabar untuk segera diperlihatkan kepada mereka.

fransisca Vlentina ingin bertemu dengan mama-nya. mama-ny datang langsung untuk memberi dukungan,” ujar peraih gelar juara Hwarang Festival di Korea tahun 2005 tersebut.

Perjuangan Fransisca Valentina untuk meraih medali emas di SEA Games 2011 memang dirasa sangat berat. Selain cedera di bagian kaki, ia juga mengaku hampir dikalahkan oleh sakit usus buntu.

Dua minggu sebelum pertandingan taekwondo SEA Games dimulai, dokter memberinya vonis tidak bisa membela Team Merah Putih indonesia. dikarenakan Usus buntu yang dideritanya memaksa untuk segera dilakukan operasi. Sempat selama 4 hari dirawat, akan tetapi fransisca nekat ingin tetap maen di SEA Games 2011.

“Ini merupakan jawaban kenekatan saya. Sejak kecil saya memang keras jika punya keinginan. Saya menolak untuk operasi itu. Saya percaya bisa mengatasinya selama ikut SEA Games. Sekarang tidak hanya kaki kiri saya yang banyak menyumbang poin tadi. Semangat untuk mengalahkan usus buntu juga membuat saya semakin kuat,” ujar dara yang mengaku bakal berobat usai berhasil meraih medali emas SEA Games ini

Puisi Untuk Para Atlet Taekwondo Indonesia

Puisi Ini saya dapat dari sahabat saya yang hobby sekali dengan olah raga beladiri Taekwondo, berawal dari chatting di facebook yang kebetulan dia meminta pendapat saya mengenai puisi yang telah dia buat, menurut saya puisi nya sangat bagus dan muncul ide untuk men share nya di blog ini.

Sahabat saya mempersembahkan puisi ini untuk para atlet Taekwondo Indonesia SEA GAmes 2011 yang telah sukses meraih 6 medali emas, dan memenuhi target yang telah dicapai.

Congratulation untuk para atlet Taekwondo Indonesia.

Kamis, 17 November 2011

Tya Aristya Hobby Taekwondo dan Dance Couple


Presenter Tya Aristya menyukai Dance Couple yang saat ini sedang menjadi hobinya, di sela-sela kesibukan Tya Aristya dengan kegiatan shooting presenter di beberapa acara live dia selalu menyempatkan waktunya untuk Dance Couple (17/11).

Akan tetapi Selain dance couple yang menjadi Hobby Tya Aristya, sebelum nya Tya Aristya juga menggeluti olah raga bela diri Taekwondo,akan tetapi 2 bulan belakangan ini Tya Aristya absen tidak mengikuti latihan Taekwondo, hal itu dikarenakan jadwal shooting yang sangat padat.”iya udah hampir 2 bulan ini gak latihan taekwondo sibuk shooting dan sibuk ngedance juga sih hehehe”, ungkap Tya sambil tertawa.

menurut Tya Antara Dance dan Taekwondo memang sulit dipisahkan, walaupun di tubuh mulusnya sudah banyak memar dan terkilir akibat gerakan dance yang ekstrim, Tya sendiri merasa tidak kapok.

hal itu dikarenakan pas ada gerakan menendang, Tya menendang dengan memakai power, kata bule instruktur nya no..no..no.Gak kapok sih, ni dah banyak pada memar”, jelas Tya saat diwawancarai sambil menunjukan luka memarnya.

Dojang Happy Taekwondo Club


MEDAN- Dojang Happy Taekwondo Club adalah dojang taekwondo yang diresmikan oleh Bobby Octavianus Zulkarnaen SE selaku Ketua Pengcab TI Medan, pada tanggal 28 Mei 2011 lalu, dan hingga sekarang dojang Happy Taekwondo Club telah memiliki 60 atlet.

Sampai sekarang ini memang kami sudah punya total 60 atlet taekwondo. Dan saat ini kami masih konsisten untuk menggembleng para atlet secara maksimal agar mereka berprestasi untuk kedepannya,” ungkap Wakil Ketua Dojang Happy Taekwondo Club, Anwar Saleh Nasution S.Sos yang ditemui pada hari Selasa kemarin (21/6).

60 atlet taekwondo tersebut ditangani oleh 2 pelatih, yaitu Sabeum Muhammad Said pemegang sabuk hitam (DAN II KUKKIWON) dan Sabeum Adi Prayitno pemegang sabuk hitam (DAN I KUKKIWON), latian dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis mulai pukul 19.00 WIB hingga Pukul 21.30 WIB bertempat di Aula SMK IT Tritek Jalan Bhayangkara Medan.

Sedangkan untuk jadwal latihan taekwondo hari Minggu diadakan mulai Pukul 07.00 WIB sampai Pukul 10.00 WIB bertempat di Lapangan Unimed Jalan Williem Iskandar.

“Pihak dojang telah mempercayakan pada kedua pelatih tersebut untuk mengembleng anak-anak menjadi taekwondoin yang andal yang bisa berlaga di kancah nasional dan internasional,” lanjut Anwar.

Anwar sendiri juga mempunyai harapan bahwa anak didiknya di Dojang Happy Taekwondo Club tersebut dapat membangun hubungan silaturahmi sesama orang tua atlet taekwondo. “ kita juga ingin atlet didikan kita terbebas dari narkoba dan pergaulan yang bebas,” ungkapnya.

Muhammad Rifa’I MPd sebagai Ketua Dojang Happy Taekwondo Club, menhimbau agar para atlet taekwondo yang berada di dojang tersebut berlatih dengan keras. “Bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya bisa langsung mendaftar ke Dojang Happy Taekwondo Club di Jalan Bhayangkara Medan atau bisa menghubungi dengan telpon ke 085261454043,” ujar Rifa’i.

source: http://www.hariansumutpos.com/2011/06/9349/maksimal-menggembleng-atlet.htm

Pentingnya Pemanasan Saat Berlatih Taekwondo


Salam Taekwondo

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi/ tips berkenaan dengan penting nya kita melakukan pemanasan sebelum berlatih taekwondo.

Kita perlu mengetahui bahwa fungsi kita meakukan pemanasan sebeum berlatih adalah untuk menghindari cedera, bukan di taekwondo saja, semua olah raga diawali dengan pemanasan. akan tetapi kita juga perlu mengetahui bagaimana cara melakukan pemanasan yang baik dan benar.

Tujuan dari pemanasan yang baik dan benar adalah:

1. Dapat Mengurangi tekanan otot.
2. Meningkatkan aktivitas sendi dan otot sehingga kinerja tubuh dapat meningkat.
3. Mencegah nyeri otot dan luka pada otot.
4. Mencegah peradangan otot dan memfasilitasi penyembuhan menggunakan jaringan- jaringan penyembuh luka.
5. Meningkatkan teknik-teknik selama latihan dengan memperlebar jarak atau capaian gerakan.
6. Memuaikan otot setelah digunakan.

Tips dalam melakukan Pemanasan / warming up:
jangan melakukan pemanasan secara tergesa-gesa. jalankan pemanasan dengan baik dan benar, jangan terlalu cepat, tidak memaksakan diri, dan jangan memaaksakan pemanasan kita untuk bisa seperti orang lain. Perlu diingat bahwa setiap orang berbeda-beda, dan orang itu adalah yang paling tahu mengenai kondisi tubuhnya sendiri.

untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara melakukan pemanasan / warming up taekwondo yang baik dan benar berikut akan saya berikan video nya.semoga bermamfaat.

Rabu, 16 November 2011

Wow! Anak Wanda Hamidah Ternyata Juara Taekwondo!


Wanda Hamidah mengungkapkan bahwa dia tidak mengarahkan anaknya untuk menjadi atlet olahraga. Namun perlu anda ketahui bahwa anak Wanda Hamidah sendiri adalah punya prestasi dimana dia sering mengikuti kejuaraan taekwondo dan pernah merebut medali emas.

Wanda Hamidah mengatakan bahwa dia tidak ingin anaknya tidak hanya asal ikut olahraga. Menurut dia, mengikuti olahraga juga harus mempunyai tujuan atau target. Wanda Hamidah juga mengatakan bahwa dirinya sudah menekuni beladiri Tae Kwon Do sejak duduk di bangku Sekolah dasar.

Saya sendiri sebagai orang tua membebaskan olahraga apa. Saya tidak mau olahraga asal bisa, tapi harus ada target yang harus dicapai, Nggak takut, soalnya saya Tae Kwon Do dari SD, bapaknya sendiri ternyata juga seorang Tae Kwon Do. selain itu dengan olah raga untuk Kesehatan juga menambah percaya diri," ujar Wanda yang ditemui oleh tim KapanLagi.com™ saat menyaksikan pertandingan Indonesia melawan Singapura di Gelora Bung Karno, Jum'at (11/11) kemarin.

Karena baik suami dan anaknya yang sama-sama berlatih beladiri TaeKwonDo, Wanda Hamidah mengharapkan bahwa tradisi ini bisa turun-temurun di keluarganya nanti. dia juga berharap beladiri Taekeondo dapat melindungi anak-anaknya dari bullying.

Karena beladiri Taekwondoo merupakan cabang yang dipertandingkan di ajang SEA GAMES 2011, Wanda hamidah berharap dirinya bisa menonton kejuaraan tersebut secara langsung. Dia juga ingin mengajak anak-anaknya menonton dengan harapan bahwa anak-anaknya bisa memaksimalkan kemampuannya dalam olahraga Tae Kwon Do.

Daftar Lengkap Perolehan Medali Cabang Taekwondo Sea Games 2011


Berikut adalah Daftar Lengkap Perolehan Medali Cabang Taekwondo Sea Games 2011

1. Negara Thailand Total 12 Medali
Medali Emas
-Kyorugi Putri under 57 Kg
-Kyorugi Putra under 68 Kg
-Kyorugi Putri under 67 Kg
-Kyorugi Putra under 80 Kg
-Kyorugi Putra under 54 Kg
-Kyorugi Putri under 49 Kg
-Kyorugi putri under 53 Kg

Medali Perak
-Poomsae Tim Putra
-Kyorugi Putra under 74 Kg.
-Kyorugi Putra under 58 Kg.

Medali Perunggu
-Kyorugi under 63 Kg.
-Poomsae Tunggal Putri.

2. Indonesia Total 14 Medali
Medali emas
-Poomsae Tunggal Putra
-Poomsae Tunggal Putri
-Poomsae Beregu Putra
-Kyorugi nomor Putri nomor 46 Kg
-Kyorugi Putra di atas 87 Kg,
-Kyorugi Putra under 87 Kg.

Medali Perak
-Kyorugi Putri under 57 Kg
-Kyorugi Putri di atas 73 Kg,
-Kyorugi Putri under 53 Kg.

Medali Perunggu
-Kyorugi Putri under 62 Kg
-Kyorugi Putra under 74 Kg
-Kyorugi Putri under 73 Kg,
-Kyorugi Putra under 63 Kg.

3. Filipina
Medali emas
-Kyorugi Putri under 52 Kg
-Kyorugi Putri di atas 73 Kg
-Kyorugi Putra under 58 Kg
-Kyorugi Putri di atas 73 Kg
-Kyorugi Putra under 58 Kg

Medali Perak
-Poomsae ganda campur
-Kyorugi Putra di atas 87 Kg
-Kyorugi putra under 87 Kg.

Medali Perunggu
-Poomsae Tunggal Putra,
-Kyorugi Putri under 57 Kg
-Kyorugi Putra under 68 Kg
-Kyorugi Puti under 46 Kg
-Kyorugi Putri under 49 Kg.

4. Vietnam Tottal 14 Medali
Medali Emas
-Poomsae Ganda Campur
-Kyorugi Putra Under 74 Kg,
-Kyorugi Putri Under 73 Kg.

Medali Perak
-Poomsae Tunggal Putra, Poomsae Tim Putri
-Kyorugi Putri under 62 Kg
-Kyorugi Putri under 49 Kg.

Medali Perunggu
-Kyorugi Putri under 57 Kg
-Kyorugi Putri under 67 Kg
-Kyorugi Putra under 80 Kg,
-Kyorugi Putra under 54 Kg
-Kyorugi Putra di atas 87 Kg
-Kyorugi Putra under 87 Kg
-Kyorugi Putri under 53 Kg.

5. Negara laos total 9 Medali
Medali Emas
-Kyoruugi Putra under 63 Kg.

Medali Perak
-Kyorugi Putra under 68 Kg
-Kyorugi Putri under 67 Kg
-Kyorugi Putra under 80 Kg.

Medali Perunggu
-Poomsae Tim Putra
-Poomsae Ganda Campur
-Kyorugi Putra under 74 Kg
-Kyorugi Putri under 49 Kg
-Kyorugi Putra under 58 Kg.

6. Negara malasyia Total 4 Medali
Medali Perak
-Kyorugi Putri under 46 Kg
-Kyorugi Putri under 53 Kg.

Medali perunggu
-Poomase Ganda Campur
-Kyorugi Putra Under 68 Kg.

7. Negara Kamboja total 4 medali
Medali Perak
-Kyorugi Putri Under 46 Kg
-Kyorugi Putri Under 53 Kg.

Medali Perunggu
-Poomsae Ganda Campur
-Kyorugi Putra under 68 Kg.

8. Negara Kamboja total 4 medali
Medali Perak
Kyorugi Putri under 73 Kg.

Medali Perunggu
-Kyorugi Putri under 62 Kg
-Kyorugi Putra under 87 Kg
-Kyorugi Putri under 53 Kg.

9. Negara Singapura total 3 medali
Medali Perak
Poomsae Tunggal Putri

Medali Perunggu
-Kyorugi Putri under 73 Kg
-Kyorugi Putra under 58 Kg.

10. Negara Myammar total 2 medali
Medali Perak
-Kyorugi Putra Under 54 Kg

Medali Perunggu
Kyorugi Putri Under 67 Kg.

11. Negara Brunai Darussalam total 1 medali
Medali perak
-Kyorugi Putra under 80 Kg.

12. Negara timor Leste
Medali Perak
Kyorugi Putri Under 46 Kg.

Pelatih Taekwondo SEA Games Indonesia Lee Duk-Hwi


Lee Duk-Hwi merupakan Pelatih Taekwondo asal Korea Selatan,dia juga adalah sosok di balik kesuksesan team taekwondo Indonesia meraih target 6 medali emas pada SEA Games XXVI cabang olah raga beladiri taekwondo. Ungkap Manajer Timnas Taekwondo Indonesia Yosep Hungan waktu diwawancarai seputar keberhasilan 6 atlet binaannya berhasil meraih target 6 medali emas disaat bersaing dengan puluhan taekwondoin dari 9 negara di Asia Tenggara pada nomor poomsae (jurus) dan kyorugi(perkelahian).

Lee Duk-Hwi memang sosok pelatih Taekwondo yang direkomendasikan oleh KONI untuk mempersiapkan atlet taekwondo menghadapi SEA Games dengan masa kontrak 2011 hingga 2013," ungkap Yosep di penginapan atlet taekwondo bertempat di Puri Cassablanca, Jakarta, Rabu kemarin. prestasi para atlet taekwondo pada SEA Games 2011 meningkat drastis 5 kali lipat dari pertandingan serupa pada tahun 2009 dimana team indonesia yang hanya membawa pulang 1 medali emas.

Lee Duk-Hwi dalam melatih sangat disiplin sekali terhadap para atlet Taekwondo selama berlatih persiapan SEA Games dan telah mempersiapkan kemenangan ini dengan matang. persiapan yang dilakukan Lee Duk-Hwiantara lain melalui latihan uji coba / Try Out ke Korea. "Lee Duk-Hwi dulunya adalah seorang pelatih taekwondo di salah satu perguruan tinggi di Korea dan Lee Duk-Hwi pernah memperoleh sejumlah penghargaan di kejuaraan, di antaranya Korea Open,".

sedangkan komentar dari salah satu atlet taekwondo Rizal Samsir mengenai pelatih Lee Duk-Hwi,Rizal samsir sendiri adalah peraih emas pada nomor kyorugi putra di atas 87 Kg pada SEA Games XXVI, Selasa (15/11). Menurut dia, medali emas pertama yang diraihnya sepanjang 3 kali mengikuti SEA Games itu tidak lepas dari peran Lee Duk-Hwi sebagai pelatih.

Lee Duk-Hwi dalam pertandingan memberikan kode-kode penyerangan yang akurat saat saya melawan taekwondoin Filipina di partai final. Dikatakan Rizal Samsir, bahwa teknik berlatih yang diberikan Lee Duk-Hwi berkelas dunia, misalnya trik untuk meraih poin/nilai 3 melalui tendangan memutar ke arah kepala lawan.

Skill dan konsentrasi para atlet taekwondo adalah perilaku yang banyak saya perbaiki selama persiapan SEA Games 2011," kata Lee Duk-Hwi.
Lee Duk-Hwi mengatakan, kepercayaan atlet terhadap dirinya saat bertarung di lapangan adalah kunci sukses kemenangan team taekwondo Indonesia saat tampil di lapangan.

"Saya bersyukur atlet taekwondo Indonesia percaya pada saya dan tidak ada keraguan sama sekali," demikian ungkap Lee Duk-Hwi.

Selasa, 15 November 2011

Tari Saman Meriahkan Laga Taekwondo


Sejumlah 15 orang pelajar mempertunjukkan Tari Saman yang merupakan binaan dari Dinas DKI Jakarta di panggung Taekwondo sebelum final dilangsungkan, hari Selasa, tanggal (15/11/2011).

Laga SEA Games cabang olahraga Taekwondo sendiri kemarin selesai pada hari 15 November 2011,bertempat di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur.

Sebenarnya dalam pertandingan kemarin tidak ada acara penutupan, hanya jeda hiburan sebelum final pukul 14.00 WIB, ungkap Nita panitia dari cabang olahraga Taekwondo.

Di depan pintu utama GOR POPKI Cibubur terdapat panggung yang dipakai untuk pagelaran seni tarian dan acara lain, usai selesainya pertandingan Taekwondo di GOR POPKI Cibubur hari ini, mulai tanggal 17 November GOR POPKI Cibubur akan di gunakan untuk venue cabor Futsal yang melaksanakan Teknikal Meeting hari selasa.

Taekwondo Capai Target 6 Medali Emas Di SEA Games 2011


Cabang olah raga taekwondo berhasil menambah perolehan medali emas di laga terakhir kelas over 87 male kyorugi dimana taekwondoin kita Rizal Samsir berhasil mengalahkan atlet Filipina Alexander Briones di partai final. Dengan hasil skor 5-2, Maka Team Taekwondo Indonesia sukses meraih target emas di cabang taekwondo.

Semua anak-anak bermain sangat baik dan saya sangat terkesan, sehingga kita dapat memenuhi target yang kita harapkan," ungkap Manager Tim Nasional Jhosep Hungai saat ditemui di Gedung POPKI Sport Hall, Cibubur, Jakarta Timur,hari Selasa tanggal 15/11/2011.

Sedangkan untuk kelas over 73 female kyorugi, yaitu Taekwondoin Eka Sahara hanya berhasil memperoleh medali perak setelah dalam partai final dikalahkan taewondoin Filipinam, Kristie Elainae Alora. Cabang Olah Raga Taekwondo berhasil meraih target enam medali emas dari 21 emas yang diperebutkan dalam ajang ini.

Taekwondoin Rizal Samsir Raih Medali Emas SEA Games 2011


Taekwondoin Indonesia Rizal Samsir saat melepaskan tendangan ke arah badan atlet taaekwondoin Filipina Alexander Briones yang turun pada kategori over 87 kilogram Putra SEA Games XXVI Indonesia di GOR Popki, Cibubur, Jakarta, hari Selasa kemarin.

Team Taekwondo Indonesia sukses memenuhi target 6 medali emas pada putaran terakhir SEA Games XXVI cabang taekwondo yang dilaksanakan di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, pada hari Selasa tanggal 15/11/2011.

Medali Emas yang ke 6 tersebut berhasil disumbangkan oleh taekwondoin putra atas nama Rizal Samsir yang turun pada nomor kyorugi (tarung) putra di atas 87 Kg dimana pada partai final dia berhhasil mengalahkan lawannya asal Filipina Alexander Briones dengan skor akhir 5-2.

Senin, 14 November 2011

Nama-nama Atlet Taekwondo SEA Games XXVI pada Pertandingan Hari Ke 4 Di Cibubur


Indonesia hingga saat ini Masih Mempunyai 4 Atlet Taekwondo Yang Akan Bertanding pada hari ini selasa 15-11-2011 di Gedung POPKI Cibubur, Yaitu :

-Catur Yuni Riyaningsih Taekwondoin Putri Turun di kelas under 73 Kg
-Eka Sahara Taekwondoin Putri yang turun di kelas Over 73 Kg
-Riza Samir Taekwondoin Putra yang turun di kelas Over 87 Kg
-Merry Wandra taekwondoin Putra yang turun di kelas Under 63 Kg

Mari Kita sangat Mengharapkan para atlet yang bertanding dapat Memberikan Yang Terbaik Untuk Indonesia & Merah Putih.